Kamis, 19 Des 2019 08:30 WIB

Benarkah Memakan Kulit Pisang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Benarkah makan kulit pisang bisa bantu turunkan berat badan? (Foto ilustrasi: Istimewa) Benarkah makan kulit pisang bisa bantu turunkan berat badan? (Foto ilustrasi: Istimewa)
Jakarta - Pisang memang benar-benar salah satu superfood. Menjadi salah satu buah primadona dalam diet dan penggiat gaya hidup sehat, pisang bisa dinikmati dalam bentuk apa saja, baik dimakan langsung maupun menjadi smoothies atau pancake.

Tak dapat dipungkiri rasanya yang enak serta kandungan enzim pencernaan baiknya yang melimpah sangat bagus untuk kesehatanmu, terutama yang sedang berjuang menurunkan berat badan. Sebuah pisang ukuran sedang bisa saja mengenyangkan kita, menjauhkan kita dari ngemil yang tidak berguna dan makan berlebihan.

Dikutip dari Times of India, pisang bisa meningkatkan produksi dopamin dalam tubuh, yang bisa membuat kita semakin berenergi untuk berolahraga. Selain itu pisang juga melepaskan energi perlahan, dan menjadi sumber potasium terbaik, yang memastikan otot tulang dan jantung tetap lentur dan berkontraksi selama berolahraga.

"Kandungan serat di dalamnya bisa membantu mengatur lemak tubuh, melawan racun secara aktif, dan recharge tubuh untuk melawan radikal bebas di dalamnya," demikian tulis situs tersebut.

Ada satu hal lagi yang lebih mengejutkan dari pisang untuk kesehatan. Yakni manfaat sehat dari kulit pisang! Ya, kamu tidak salah baca, karena sains membuktikan kulit pisang membantu mempercepat kamu yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan.
Kini pikir dua kali sebelum membuang kulit pisang. Menurut ahli diet asal Australia, Susie Bowell, kulit pisang bila dikonsumsi secara rutin dapat menutrisi tubuh dan mempercepat penurunan bobot.

Bowell menyebutkan bahwa memakan kulit pisang dalam bentuk apa saja dapat meningkatkan kandungan serat setidaknya 10 persen, 20 persen vitamin B6, vitamin C, potasium, dan magnesium. Mengejutkan, bukan?

Para ahli menyebutkan, warna kulit pisang juga bisa membawa nutrisi nya masing-masing. Kulit pisang yang hijau matang bisa memberimu asam amino triptofan yang baik untuk pencernaan. Kulit kuning mengandung beberapa antioksidan yang bisa membantu melawan kanker dan memperkuat imun tubuh, serta menyuplai melatonin yang membantu perbaiki kualitas tidur.

Akan tetapi, ide untuk memakan kulit pisang mungkin takkan diterima baik oleh semua orang. Jika kamu tetap ingin mencobanya, coba rebus atau makan mentah dengan dipotong-potong kecil. Pastikan kamu telah mencucinya dan membersihkannya sehingga kamu tidak menelan bakteri atau pestisida bersamaan dengan manfaat sehatnya.


Simak Video "Tahu Nggak Sih, Makna Diet Sesungguhnya Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)