Selasa, 31 Des 2019 07:36 WIB

4 Kondisi Psikologis yang Sering Gagalkan Upaya Mencapai Tubuh Ideal

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Kondisi psikologis yang bikin gagal diet. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta - Diet dan olahraga dipercaya secara umum sebagai cara utama orang yang ingin menjaga tubuh tetap ideal dan menurunkan bobot. Walaupun begitu, meski kamu sudah mengikuti semuanya secara rajin dan teratur, berat badan tak kunjung turun juga. Apa yang salah?

Kondisi psikologis juga bisa berpengaruh dan bahkan menghambat progress dan menjauhkanmu dari tujuan. Sehingga penting untuk menyiapkan mental juga sebelum berdiet. Dikutip dari Times of India, berikut 4 kondisi psikologis yang perlu diwaspadai:

1. Menetapkan tujuan tidak realistis

Memasang tujuan yang tidak realistis adalah kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh banyak pelaku diet. Misalnya, jelas-jelas tak mungkin untuk bisa menurunkan 5 kilo selama seminggu dengan rencana diet sehat. Jika kamu melakukannya, di akhir kamu justru akan semakin kecewa dan kehilangan motivasi. Evaluasi lagi kemampuanmu dan tetapkan tujuan yang realistis jika kamu ingin mendapatkan tubuh yang ideal.

2. Banyak alasan

Rasa malas adalah faktor lainnya yang bisa memperlambat proses mencapai tubuh ideal. Jika kamu selalu menemukan alasan untuk melewatkan olahraga atau memakan karbohidrat maka kamu melakukan kesalahan yang besar. Hal baik datang pada mereka yang mencoba dan tanpa mencoba kamu tidak akan bisa mendapatkan tujuan kamu. Tubuh ideal membutuhkan waktu dan konsistensi, kamu harus bekerja keras selama beberapa bulan untuk itu.

3. Kurangnya rasa percaya diri

Percaya pada diri sendiri adalah kuncinya. Jika kamu tidak percaya pada diri sendiri maka jalan menuju tubuh yang ideal akan cukup sulit bagimu. Tak peduli seberapa berat kamu, akan selalu ada jalan dan cara bagimu untuk mencapai tubuh yang ideal. Yang kamu perlukan hanyalah percaya pada dirimu dan bekerja keras untuk mendapatkan tujuanmu.

4. Terlalu stres

Tak bisa disangkal bahwa stres di dunia modern ini telah menjadi bagian hidup kita sehari-hari. Namun terlalu stres saat menjalani program diet bisa membahayakan. Stres bisa membuatmu makan makanan tak sehat dan hormon stres bisa mengganggu prosesnya. Maka dari itu tenangkan pikiranmu dan rilekslah.



Simak Video "Kunci Sukses Arya Permana Turunkan Berat Badan"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/fds)