Kamis, 06 Feb 2020 20:17 WIB

5 Makanan yang Aman Disantap Jelang Tidur, Tanpa Takut Bikin Gendut!

Siti Masluha - detikHealth
Ilustrasi lapar tengah malam. Apa makanan yang 'aman' dimakan jelang tidur? (Foto: iStock)
Jakarta -

Banyak wanita yang sedang diet memiliki pantangan untuk makan malam dan memaksakan untuk tidur dalam keadaan lapar. Sebenarnya ini merupakan kebiasaan yang buruk dan membahayakan kesehatan.

Karena ketika kita bangun dalam keadaan kelaparan, kita akan lebih mudah lapar sepanjang hari dan cenderung memakan makanan yang tinggi lemak. Alhasil, diet yang dijalankan akan gagal.

Untuk itu, pastikan makan 5 makanan ini sebelum tidur yang justru membuat tubuh jadi langsing, bukan jadi gendut!

1. Ayam

Semua jenis ayam, termasuk ayam kalkun punya kandungan tryptophan yang membuat kita mudah mengantuk sekaligus kenyang dalam waktu yang lama.

Jadi, kalau kita makan ayam sebelum tidur, kita akan mempunyai cukup protein untuk membentuk otot kita lebih kuat, serat yang membuat tubuh lebih kenyang, dan vitamin B untuk menyerap tryptophan supaya lebih cepat tidur.

2. Kacang almond

Jika ingin ngemil di malam hari, sebaiknya kita coba untuk memakan kacang almond.

Makan 1/4 cup kacang almond setiap malam sebelum tidur selama 6 bulan akan membuat otot kita lebih terbentuk, serat tercukupi dan pencernaan menjadi lancar, hingga penurunan berat badan yang signifikan. Ini sudah dibuktikan oleh penelitian dari 'International Journal of Obesity', loh

3. Susu coklat

Selain memiliki kandungan tryptophan yang bisa membuat tidur lebih nyenyak, susu cokelat juga dikenal sebagai minuman yang bisa menurunkan berat badan.

Berdasarkan studi jurnal Diabetes Care, kandungan kalsium di dalam susu coklat bisa mencairkan lemak di perut dan bahkan bisa menurunkan berat badan sepenuhnya. Namun, pastikan untuk memilih merk susu cokelat tanpa terlalu banyak gula dan tambahan corn syrup yang tinggi lemak.

4. Gandum utuh

Gandum utuh dan biji-bijian utuh seperti beras merah, beras cokelat, beras hitam, hingga quinoa mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang membantu merangsang metabolisme tubuh untuk mempercepat pembakaran lemak. Metabolisme tubuh yang tinggi, menjaga agar kadar insulin tetap rendah. Maka itu, biji-bijian utuh menjadi salah satu pilihan makanan pembakar lemak dan kalori saat tidur.

5. Pisang

Pisang ternyata juga memiliki kandungan tryptophan yang bisa membuat kita tidur lebih cepat dan nyenyak.

Pisang juga memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga bisa memperlancar pencernaan kita. Selain itu, pisang memiliki rasanya yang manis sehingga bisa mencegah kita untuk makan-makanan yang manis tanpa gizi saat terbangun.



Simak Video "Kunci Sukses Arya Permana Turunkan Berat Badan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)