Kamis, 30 Jul 2020 05:50 WIB

Berapa Jumlah Telur yang Aman untuk Dikonsumsi?

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
ilustrasi telur Telur adalah sumber nutrisi yang lengkap (Foto: iStock)
Jakarta -

Telur kaya akan sumber vitamin D, B6, B12 dan mineral, sehingga dianggap makanan yang ideal untuk anak-anak yang sedang masa pertumbuhan. Telur juga baik dikonsumsi saat sedang berdiet karena dapat membantu menurunkan berat badan.

Walaupun banyak manfaatnya, telur masih menjadi kontroversi bagi kesehatan jantung. Namun, Studi dari McMaster University dan Hamilton Health Sciences, yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, dikutip dari Livestrong, menemukan bahwa makan satu telur dalam sehari tidak terkait dengan risiko penyakit jantung.

Meskipun disimpulkan telur tidak menganggu kesehatan jantung, penelitian lain menemukan bahwa telur meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Studi yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition pada Februari 2011 tersebut menemukan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 dan mengonsumsi dua butir telur/hari memiliki peningkatan kolesterol yang lebih besar daripada orang yang mengonsumsi 3,5 ons protein tanpa lemak.

Selain itu, telur juga bisa meningkatkan tekanan darah dan kontrol gula darah.

Pada umumnya, dokter menyarankan tidak mengonsumsi lebih dari 300 mg kolesterol setiap hari dan telur mengandung 373 mg kolesterol.

Lalu, berapa jumlah mengonsumsi telur yang aman?

Telur memang merupakan sumber nutrisi penting yang tidak mahal, beberapa peneliti merekomendasikan untuk membatasi konsumsi bagi pengidap diabetes tipe 2.

"Untuk orang sehat, telur tidak secara signifikan mempengaruhi risiko penyakit jantung Anda. Tetapi bagi orang dengan diabetes tipe 2 atau penyakit jantung, kami sarankan untuk makan kurang dari tujuh telur per minggu. Ini terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung," kata ahli gizi Maria Packart, dikutip dari Nowtolove.

Meskipun tidak ada batas yang baku untuk mengonsumsi telur, tapi perlu di ingat ya sesuatu yang berlebihan tidak baik, lho.



Simak Video "Manfaat Susu dan Telur untuk Tingkatkan Imunitas"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)