Sabtu, 29 Agu 2020 07:00 WIB

5 Makanan yang Bisa Cegah Jerawat Muncul

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi jerawat Makanan juga bisa jadi penyebab sekaligus pencegah jerawat (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Selain karena faktor hormon, jerawat seringkali disebabkan karena makanan. Jika jerawat itu muncul, pasti akan sulit dan butuh waktu yang lama untuk menghilangkannya.

Namun, beberapa makanan yang disarankan para ahli ini bisa bukan menyebabkan jerawat, tetapi malah mencegahnya tumbuh di kulit.

Apa saja ya? Berikut 5 makanan yang disarankan para ahli yang bisa meningkatkan kualitas kulit, mengurangi risiko peradangan, hingga mencegah timbulnya jerawat yang dikutip dari Medical Daily.

1. Buah-buahan

Ahli gizi dari Kanada, Dr Rachelle Wood, mengatakan bahwa mengkonsumsi anggur merah beserta bijinya bisa mengobati kulit yang mengalami peradangan.

"Buah dan bijinya mengandung bahan kimia alami yang kuat dan antioksidan yang terbukti bisa mengobati kondisi kulit yang meradang, seperti psoriasis dan eksim," jelasnya.

Tak hanya anggur merah, buah-buahan lainnya yang bisa melindungi kulit, yaitu apel, pisang, rasberi, dan juga alpukat. Selain mengandung vitamin E, alpukat juga mengandung serat dan minyak tak jenuh tunggal yang bisa membantu menstabilkan kadar gula darah dan hormon.

Buah ini juga bisa dikonsumsi langsung dan juga sering dipakai sebagai masker wajah untuk menyegarkan serta melembapkan kulit.

2. Sayuran

Sebagian besar sayuran berdaun hijau terbukti sangat bagus untuk kulit, seperti bayam, selada, kangkung, brokoli, dan lobak. Sayur-sayuran ini mengandung vitamin, antioksidan, zat besi, dan kalsium yang tinggi.

Sayuran terutama yang hijau ini bisa melindungi kulit dari radikal bebas yang bisa memecah kolagen. Ahli gizi Dr Kellyann Petrucci juga menyarankan produk dari jeruk, ubi jalar, dan wortel sebagai tambahan. Ini karena vitamin A yang dikandungnya itu bisa menjaga lapisan terluar kulit, dengan mencegah pori-pori tersumbat.

3. Teh

Sebagian orang mengklaim bahwa mengkonsumsi teh spearmint bisa membantu mengurangi jerawat hormonal. Tak hanya itu, sebuah studi juga menunjukkan, teh juga bisa mengurangi kadar androgen (hormon yang berkaitan dengan jerawat).

Selain teh spearmint, teh kunyit juga direkomendasikan karena efek terapeutik dan anti-inflamasi yang dikandungnya. Curcumin, zat yang ada di dalam kunyit bisa mengatasi bakteri penyebab jerawat.

Tak hanya pada produk minuman atau makanan, kunyit juga digunakan untuk beberapa produk perawatan kulit.

4. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh, seperti quinoa bisa menurunkan risiko jerawat. Ini karena quinoa memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah dan kaya akan selenium.

Selain quinoa, biji-bijian utuh lainnya adalah beras merah. Beras merah ini mengandung protein, magnesium, vitamin B, dan antioksidan.

Berdasarkan studi yang diterbitkan di Journal of the American Academy of Dermatology, menemukan bahwa menjalani diet rendah glikemik dan mengkonsumsi banyak protein bisa membantu mengurangi jerawat. Hal ini terbukti pada 43 pria yang menjadi relawan dalam studi tersebut. Jerawatnya berkurang hanya dalam waktu 12 minggu.

5. Kacang

Kacang seringkali disebut sebagai salah satu makanan yang bisa memicu jerawat. Tetapi, pada kacang pistachio dan kacang brasil mengandung vitamin E yang bisa meningkatkan vitalitas kulit.

Menurut sebuah studi, kacang pistachio bisa mengatur kadar insulin dalam tubuh, sehingga mengurangi jerawat. Selain vitamin E, kacang ini juga mengandung vitamin A, C, dan juga zinc.

Sementara itu, kacang brazil mengandung antioksidan yang disebut selenium, yang bisa membantu mengatasi jerawat dengan mengurangi peradangan pada kulit. Sebuah penelitian menganalisis sampel darah dari 37 pria, dan menemukan bahwa pria yang berjerawat memang memiliki kadar selenium yang jauh lebih rendah,



Simak Video "Makan Gorengan Berlebihan Bisa Bikin Kulit Cepat Tua Lho!"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)