Senin, 31 Agu 2020 05:34 WIB

5 Asupan Penangkal Bad Mood, Bisa Nih Buat Menu Sarapan

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
ilustrasi makan Pilih menu yang tepat untuk sarapan agar tidak bad mood (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Bad mood disebabkan beberapa faktor, seperti kelelahan, stres, kerjaan menumpuk, dan PMS (Pre Menstrual Syndrome). Suasana hati yang sedang tidak baik akan mengganggu aktivitas seharian.

Kondisi ini tentu tidak bisa dibiarkan terlalu lama, karena suasana hati yang buruk akan mengacaukan pikiran. Namun, tak perlu khawatir, ternyata dengan mengkonsumsi makanan maupun minuman tertentu dapat menaikkan mood dengan cepat, lho.

Mau tahu daftar menu apa saja yang bisa mengubah bad mood jadi good mood? Simak penjelasan berikut ini, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Pisang

Pisang mengandung triptofan dan asam amino yang membuat kadar serotonin dalam tubuh meningkat. Kadar serotonin dapat memperbaiki suasana hati. Saat mengkonsumsi pisang dengan makanan yang mengandung serat, kandungan gula pada pisang akan melepaskan perlahan ke aliran darah. Sehingga kadar gula darah stabil dan mengontrol suasana hati menjadi lebih baik.

2. Cokelat

Beberapa orang telah mempercayai cokelat dapat meningkatkan mood. Umumnya, dapat dikonsumsi menjadi minuman maupun makanan. Saat mengkonsumsi cokelat, kadar gula dalam darah naik dengan cepat dan mensuplai energi baik bagi otak. Dengan begitu dapat memperbaiki kondisi mood yang suram.

3. Kopi

Mengkonsumsi kopi akan meningkatkan pelepasan neurotransmitter, seperti dopamin dan norepinefrin yang dapat meningkatkan suasana hati. Sebuah studi yang dikutip Healthline, mengamati 72 orang yang mengkonsumsi kopi. Hasilnya adalah kopi dapat mempengaruhi suasana hati seseorang menjadi lebih baik.

4. Kacang-kacangan

Kandungan serotonin pada kacang dapat membuat tubuh terasa baik dan meningkatkan mood. Selain itu, kacang kaya akan vitamin B yang dapat mengoptimalkan kinerja sel otak dan mencegah gangguan mood, seperti depresi.

5. Ikan salmon

Ikan salmon dikenal sebagai makanan kaya akan omega-3. Kandungan tersebut berguna memenuhi kebutuhan lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Lemak dipercaya dapat memperkuat sel-sel tubuh yang memproduksi hormon endorfin, yaitu hormon yang meningkatkan suasana hati.



Simak Video "Dengerin Musik Bertempo Lambat dan Nyanyi Bersama Bisa Minimalisasi Stres"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)