Minggu, 20 Sep 2020 05:53 WIB

4 Manfaat Sarapan Bubur di Pagi Hari

Elsa Himawan - detikHealth
Bubur Ayam Taiwan Sarapan bubur (Foto: iStock)
Jakarta -

Bubur paling nikmat disantap di pagi hari sebagai menu sarapan. Selain lembut sehingga nyaman di pencernaan, ada banyak manfaat lain yang didapat dengan sarapan bubur.

Pastinya, bukan bubur polosan yang disantap. Tambahkan sayuran dan lauk pauk agar nutrisinya lengkap. Jika cuma bubur tanpa tambahan apapun, ya tidak ada bedanya dengan makan nasi saja.

Menurut laman wyldsson, berikut 4 manfaat makan bubur:

1. Bubur dapat membuatmu kenyang lebih lama

Bubur adalah makanan dengan sumber karbohidrat kompleks yang sangat baik. Campurkan kacang ke dalamnya, guna mendapatkan asupan protein dan serat. Dengan demikian, kamu akan merasa kenyang lebih lama.

2. Menjaga kekebalan tubuh

Bubur yang ditambahi sayur-sayuran juga memberikan asupan antioksidan, sehingga dapat membantu tubuh untuk melawan radikal bebas. Dengan demikian, makan bubur sangat bisa meningkatkan imunitas tubuh.

3. Menurunkan tekanan darah

Bubur dianggap dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menyimpulkan bahwa diet hanya dengan makan bubur, sama efektifnya seperti minum obat tekanan darah tinggi.

4. Menjaga kesehatan jantung

Sebuah studi yang dilakukan selama 25 tahun menyebut orang-orang yang makan bubur lebih terlindungi dari penyakit jantung. Sebab, bubur diperkirakan dapat mengalahkan kolesterol tinggi dan mampu menyerap lemak dalam tubuh.



Simak Video "3 Ide Sarapan Sehat yang Simple ala Petite Diva"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)