Kamis, 24 Sep 2020 06:30 WIB

Berapa Gelas Air yang Harus Diminum Saat Bangun Tidur di Pagi Hari?

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Tired female athlete drinking fresh water while resting from exercising class in a health club. Minum air putih di pagi hari (Foto: iStock)
Jakarta -

Minum air putih setelah bangun pagi sangat baik bagi kesehatan karena saat tidur tubuh kehilangan banyak cairan. Tubuh manusia terdiri dari 50-60 persen air yang berfungsi melindungi organ, membawa nutrisi, dan oksigen ke seluruh sel.

Setelah bangun tidur merupakan waktu yang tepat untuk minum air putih, karena perut masih kosong dan bisa melancarkan pencernaan. Baiknya, berapa banyak jumlah air yang harus dikonsumsi?

Ahli nutrisi Paula Simpson mengatakan bahwa saat bangun di pagi hari tubuh cenderung mengalami dehidrasi ringan sehingga membuat mulut kering. Simpson menyarankan untuk minum dua gelas saat bangun tidur agar tubuh mendapatkan cairan kembali dan membantu pencernaan.

"Anda tidak memiliki cairan selama kira-kira delapan jam, jadi minum dua gelas saat bangun tidur bisa melancarkan pencernaan," ucap Simpson, dikutip dari Well And Good.

Simpson menambahkan, minum air putih setelah bangun tidur membuat tubuh menjadi segar dan sehat sehingga pagi hari menjadi lebih bersemangat dan produktif karena sel-sel di dalam tubuh bekerja dengan baik.

"Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, metabolisme bekerja dengan lebih baik," katanya.

Pada intinya adalah kamu harus bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh karena kekurangan air dapat mengganggu kesehatan tubuh seperti kulit akan kering dan mudah lelah.



Simak Video "Manfaat Air Putih, Cegah Sembelit hingga Kulit Berkilau"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)