Jumat, 23 Okt 2020 05:47 WIB

Hati-hati, Ini 5 Tanda Terlalu Banyak Minum Kopi

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Fresh Coffee in a small caffe Ilustrasi kopi (Foto: iStock)
Jakarta -

Kopi memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Meskipun demikian, mengonsumsinya terlalu banyak juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Terlalu banyak minum kopi bisa memicu berbagai macam keluhan. Kenali tanda-tandanya ketika seseorang sudah mulai kebanyakan minum kopi.

Dikutip dari The Healthy, berikut tanda-tanda yang bisa dikenali:

1. Perasaan cemas

Kafein meningkatkan kewaspadaan. Tetapi meminum kopi dalam dosis banyak setiap hari dapat memunculkan rasa cemas dan gugup. Sebuah penelitian The National Institute of Mental Health di Amerika Serikat, mengatakan tanda seseorang terlalu banyak minum kopi adalah mengalami gangguan kecemasan.

Kafein dapat memperparah kecemasan dan membuat tidak dapat tertidur pulas. Bagi yang merasa cemas, hindari minum kopi untuk sementara waktu.

2. Nyeri ulu hati

Kopi dapat merangsang peningkatan asam lambung dan mencetuskan keluhan nyeri di ulu hati. Jika memiliki riwayat sakit maag, hindari minum kopi berlebihan. Usahakan juga untuk makan terlebih dahulu sebelum minum kopi.

3. Jantung berdebar

Keluhan jantung berdebar salah satunya dapat disebabkan oleh konsumsi kopi yang berlebihan. Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi menyebabkan beberapa kasus keluhan jantung berdebar yang berujung pada keluhan pusing berputar dan pingsan.

4. Diare

Pada beberapa orang, kopi memiliki efek laksatif dan dapat membuat buang air besar lebih sering, bahkan mengalami diare. Menurut The International Foundation for Functional Gastrointestinal Disorders, minum kopi lebih dari 2 cangkir sehari dapat meningkatkan risiko diare.

5. Sakit kepala

Minum kafein dengan dosis yang sesuai dapat membantu meringankan nyeri kepala. Namun, minum kafein yang berlebihan justru mengakibatkan sakit kepala.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins University, minum kopi lebih dari 500 mg kafein (setara dengan 5 cangkir kopi) justru dapat membuat mengalami sakit kepala dan badan lemas.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)