Kamis, 22 Okt 2020 06:24 WIB

7 Menu Sarapan yang Bantu Turunkan Berat Badan

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Female is dieting and checking her weight on the scale, selective focus Makanan yang membantu menurunkan berat badan (Foto: istock)
Jakarta -

Jika ingin menurunkan berat badan, rutin melakukan sarapan adalah salah satu hal yang dapat membantu. Sarapan akan mengontrol nafsu makan seharian misalnya membantu untuk mengontrol kebiasaan ngemil. Namun, menu sarapan juga tidak boleh sembarangan.

Dikutip dari Healthline, berikut 14 menu sarapan sehat yang membantu menurunkan berat badan.

1. Telur

Telur memiliki kandungan protein yang tinggi. Tak hanya itu, telur juga mengandung vitamin dan mineral penting seperti selenium dan riboflavin yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Hal itulah yang membuat seseorang yang mengkonsumsi telur saat sarapan cenderung lebih kenyang dalam waktu yang lama dibandingkan mereka yang tidak.

Telur juga mengandung sedikit kalori sehingga cocok untuk mereka yang melakukan defisit kalori.

Penelitian PubMed Central yang meneliti 152 orang dewasa menemukan bahwa sarapan dengan telur menghasilkan penurunan berat badan 65 persen lebih banyak dan penurunan lingkar pinggang sebanyak 34 persen lebih besar selama delapan minggu.

2. Pisang

Selain rendah kalori, pisang merupakan menu sarapan yang tinggi serat. Jika seseorang mengkonsumsi pisang berukuran sedang, maka 12 persen kebutuhan serat setiap harinya telah terpenuhi. Serat membantu untuk menekan keinginan seseorang untuk ngemil dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Selain itu, pisang mentah adalah sumber pati resisten yang baik, sejenis pati yang tidak dapat dicerna oleh perut dan usus kecil. Penelitian menunjukkan bahwa pati resisten dapat membantu mengurangi asupan makanan dan mengurangi lemak perut. Coba kombinasikan pisang dengan yoghurt atau oatmeal sebagai menu sarapan.

3. Yogurt

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa yogurt yang rendah gula memiliki pengaruh yang signifikan untuk menurunkan berat badan. Sebuah studi yang melibatkan 8.516 orang menunjukkan bahwa mereka yang makan setidaknya tujuh porsi yogurt setiap minggu memiliki risiko lebih rendah mengalami kelebihan berat badan atau obesitas dibandingkan dengan mereka yang tidak rutin mengkonsumsi yogurt.

Tak hanya untuk sarapan, yogurt juga dapat menjadi camilan sehat sehingga tak perlu kuatir dapat menaikkan berat badan.

4. Beri

Jenis beri sangat beragam contohnya seperti stroberi, blueberi, blackberi, dan raspberi. Seluruh jenis beri tersebut rendah kalori dan memiliki vitamin, mineral dan serat yang tinggi. Dalam sebuah penelitian yang meneliti 133.468 orang dewasa menunjukkan bahwa setiap porsi buah beri setiap hari dikaitkan dengan penurunan berat badan 0,5 kilogram selama empat tahun.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]