Senin, 26 Okt 2020 07:00 WIB

Ini Alasan Sesungguhnya Kenapa Telur Disebut Ampuh Turunkan Berat Badan

Thalitha Yuristiana - detikHealth
ilustrasi telur Sarapan telur (Foto: iStock)
Jakarta -

Salah satu makanan yang kerap kali dimasukkan ke dalam menu diet adalah telur. Telur termasuk makanan sehat karena kaya akan potein dan lemak baik bagi tubuh. Telur juga banyak ditemukan sehari-hari. Bagaimana telur dapat menjadi senjata ampuh untuk menurunkan berat badan? Begini penjelasannya.

Dikutip dari Healthline, hal yang penting dalam melakukan diet adalah membatasi kalori. Tak heran jika telur dimasukkan ke dalam makanan yang ampuh menurunkan berat badan karena hanya mengandung 78 kalori untuk telur rebus dan penambahan 50 kalori untuk telur goreng.

Tak hanya rendah kalori, telur juga terkenal dengan proteinnya yang tinggi. Penelitian yang dipublikasikan oleh Pubmed Central membuktikan bahwa makanan yang berprotein tinggi mampu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang jika dibandingkan makanan lain yang tidak berprotein tinggi.

Selain itu, mengonsumsi makanan tinggi protein juga dapat mengurangi obsesi untuk makan hingga 60 persen. Makanya, telur dapat mengurangi keinginan untuk ngemil terutama pada larut malam yang berpotensi menaikkaan berat badan.

Salah satu alasan adalah karena telur meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Telur mengandung asam amino esensial yang penting dalam proses metabolisme. Makanan berprotein tinggi seperti telur telah terbukti meningkatkan metabolisme hingga 80-100 kalori sehari melalui proses yang disebut efek termik makanan.

Sebuah penelitian pernah dilakukan untuk membandingkan efek makan telur di pagi hari versus makan sarapan lain dengan kandungan kalori yang sama. Hasilnya. orang yang sarapan telur dapat menekan nafsu makan mereka lebih lama. Dalam penelitian lain juga ditemukan bahwa sarapan telur terbukti menyebabkan penurunan berat badan hingga 65 persen lebih besar selama 8 minggu.



Simak Video "Manfaat Susu dan Telur untuk Tingkatkan Imunitas"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)