Rabu, 28 Okt 2020 06:34 WIB

7 Tips Penangkal Perut Buncit

Thalitha Yuristiana - detikHealth
tips perut buncit Tips mengatasi perut buncit (Foto: iStock)
Jakarta -

Perut yang rata atau tidak buncit merupakan idaman banyak orang. Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, perut yang tidak buncit juga mampu menunjang penampilan sehingga dapat menambah kepercayaan diri kita.

Perut buncit dipengaruhi oleh banyak faktor seperti hormon, gaya hidup, malah berolahraga, kurang tidur dan stres. Untuk menghilangkan perut buncit ini, seseorang rela melalui berbagai cara mulai dari diet dan olahraga yang ketat sampai operasi.

Dikutip dari Medical News Today, berikut cara mudah untuk menghilangkan perut yang buncit.

1. Konsumsi makanan rendah kalori

Ketika kalori yang dikonsumsi sedikit, tubuh akan membakar lemak yang berfungsi sebagai cadangan energi di tubuh untuk beraktivitas. Makanan yang tinggi kalori seperti makanan siap saji harus mulai dibatasi. Pada usia dewasa, kalori yang dibutuhkan manusia berkisar antara 2.000-2.400 kalori setiap harinya, tergantung dengan seberapa aktif seseorang.

Makanan tinggi kalori tersebut bisa diganti dengan makanan yang kaya akan energi dan vitamin serta rendah kalori.

2. Mengurangi makanan dan minuman yang terlalu banyak gula

Alasan mengapa konsumsi makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula dapat sebabkan perut buncit adalah resistensi insulin yang diakibatkan oleh gula. Lemak yang ada di perut akan meningkat karena pengaruh dari gula sehingga terjadi peradangan di seluruh tubuh.

Melihat bahaya gula, Kementerian Kesehatan menganjurkan asupan gula yang baik perhari ialah 50 gram. Jumlah ini setara dengan 5-9 sendok teh.

3. Rajin berolahraga

Tak dipungkiri bahwa olahraga merupakan hal yang krusial untuk dilakukan terutama untk Anda yang memiliki perut buncit. Olahraga yang dianjurkan untuk dapat mengecilkan perut buncit adalah High Intensity Interval Training (HIIT) dan kardio.

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa HIIT efektif untuk membakar lemak di perut dibandingkan jenis olahraga lainnya. Latihan ini melibatkan latihan yang singkat namun intens dan diselingi oleh interval.

Sedangkan kardio adalah jenis olahraga yang bertujuan untuk memompa jantung, membakar lenak tubuh dan mengencangkan otot. Anda dapat memilih jenis olahraga kardio yang sesuai dengan tubuh Anda misalnya berlari dan berenang.

4. Konsumsi lebih banyak serat

Menurut penelitian, serat ampuh untuk membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Sehingga dapat menekan rasa lapar. Selain itu, serat juga dapat melancarkan pencernaan dan mengecilkan perut yang buncit.

Anda dapat mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti alpukat yang memiliki kandungan serat 6,7 gram per 100 gram alpukat. Selain alpukat, apel, pir, bayam, brokoli dan wortel juga memiliki kandungan serat yang banyak.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Manfaat Air Putih, Cegah Sembelit hingga Kulit Berkilau"
[Gambas:Video 20detik]