Rabu, 28 Okt 2020 07:04 WIB

Ngemil Sehat Tanpa Takut Gemuk, Ini 4 Pilihan Menunya

Elsa Himawan - detikHealth
ilustrasi makan Kebiasaan ngemil sambil beraktivitas (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Banyak orang terbiasa mengunyah makanan sambil mengerjakan aktivitas, seperti menonton, membaca, dan bekerja. Tidak lengkap rasanya bila melakukan berbagai kegiatan tanpa ada cemilan.

Namun, ngemil adalah salah satu faktor penambah berat badan seseorang. Tentunya jika tidak memperhitungkan asupan kalori di dalamnya. Selain mengatur porsi agar tidak berlebihan, pilih juga menu camilan yang tidak tinggi kalori.

Dikutip dari laman Healthline, berikut cemilan yang kalorinya tidak gampang bikin gemuk:

1. Kacang

Meski sering dinilai memiliki kandungan lemak, sebenarnya kacang memberikan keseimbangan sempurna antara lemak sehat, protein, dan serat. Kacang mengandung 180 kalori dalam satu porsi 1 ons (28 gram), rata-rata. Selain itu, ngemil kacang-kacangan juga bisa membuatmu cepat kenyang.

2. Yogurt dicampur buah-buahan

Cemilan ini cocok bagi penggemar makanan segar. Selain itu, yogurt bisa menjadi cemilan sehat karena kaya akan kalsium, kalium, dan protein. Kamu bisa mencampurkan buah-buahan untuk menambah antioksidan ke dalam tubuh.

3. Keripik sayur

Cobalah makan keripik yang terbuat dari olahan sayur hijau, seperti kangkung dan bayam. Sebab, keripik sayur mengandung serat dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, keripik sayur dapat menurunkan risiko tekanan darah dan kanker usus besar.

4. Telur rebus

Bukan hanya menjadi sarapan pagi, telur rebus juga bisa dijadikan sebagai cemilan. Telur rebus mengemas banyak protein, serta vitamin K2 dan B12. Kandungan inilah yang bisa membuat perut cepat kenyang.



Simak Video "Liana Tasno Bagikan Tips Ampuh Mengurangi Ngemil"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)