Rabu, 04 Nov 2020 06:30 WIB

7 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Imun Tubuh untuk Lawan COVID-19

Farah Nabila - detikHealth
woman eats sweets at night to sneak in a refrigerator Asupan nutrisi yang tepat bisa membantu menangkal virus Corona (Foto: iStock)
Jakarta -

Berbagai tindakan pencegahan seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker telah dilakukan untuk menurunkan risiko terpapar virus Corona COVID-19. Namun sistem daya tahan tubuh yang kuat juga perlu disiapkan untuk menghadapi pandemi ini.

Angka kasus positif virus corona secara global semakin naik dari hari ke hari. Jumlah kasus virus corona di Indonesia saat ini tercatat pada urutan ke-19 dari seluruh dunia. Dikutip dari data situs covid19.go.id, Senin (2/11/2020), jumlah kasus positif virus corona di Indonesia mencapai 415.402 orang.

Berbagai tindakan pencegahan seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker telah dilakukan untuk menurunkan risiko terpapar. Namun sistem daya tahan tubuh yang kuat juga perlu disiapkan untuk menghadapi pandemi ini. Mengonsumsi vitamin dan suplemen saja tidak cukup, pola makan yang sehat juga dapat membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Dikutip dari Health Line, berikut makanan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan risiko infeksi virus Corona.

1. Jahe

Jahe adalah bahan yang sering digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jahe dapat membantu mengurangi peradangan, yang dapat membantu mengurangi sakit tenggorokan dan penyakit radang. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, jahe juga dapat mengurangi rasa sakit kronis dan penurun kolesterol.

2. Bayam

Bayam kaya akan vitamin C, antioksidan dan beta karoten, yang dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh. Mirip dengan brokoli, bayam paling sehat jika dimasak sesederhana mungkin untuk mempertahankan nutrisinya.

3.Yoghurt

Yogurt dapat menjadi sumber vitamin D yang baik. Vitamin D membantu mengatur sistem kekebalan dan meningkatkan pertahanan alami tubuh kita terhadap penyakit.

4. Teh Hijau

Teh hijau dan hitam dikemas dengan flavonoid yang merupakan jenis antioksidan. Teh hijau juga sangat unggul pada tingkat epigallocatechin gallate (EGCG), yang merupakan antioksidan kuat lainnya. Menurut penelitian, EGCG telah terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

5. Kunyit

Kunyit telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai anti inflamasi dalam mengobati osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Konsentrasi kurkumin yang tinggi memberi warna khas pada kunyit yang mampu membantu mengurangi kerusakan otot akibat olahraga.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Imunitas Tiap Orang Berbeda, Perhatikan Faktor yang Memengaruhinya"
[Gambas:Video 20detik]