Minggu, 08 Nov 2020 05:29 WIB

Perlu Tahu! Jumlah Telur yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari

Zintan Prihatini - detikHealth
ilustrasi telur Sarapan telur (Foto: iStock)
Jakarta -

Konsumsi telur tanpa memisahkan antara putih dan kuning telur bisa menyehatkan. Pendiri Nutritious Life Keri Glassman mengatakan pada awalnya telur sulit untuk dijual karena banyak orang yang berpikir bahwa telur dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, namun sebenarnya hal itu tidaklah benar jika memiliki aturan dalam mengonsumsinya.

Para ahli diet seperti Glassman terus menekankan manfaat kesehatan dalam mengonsumsi telur dengan teratur dan dalam jumlah yang sesuai. Kuning telur mengandung asam lemak dan mikronutrien seperti vitamin B dan selenium yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Telur juga merupakan salah satu sumber protein yang didapatkan dengan mudah dan murah.

Dikutip dari Eatthis, ada batasan berapa banyak telur yang harus dimakan secara teratur untuk menyehatkan tubuh. Kaya akan protein, telur termasuk ke dalam daftar 37 makanan sarapan terbaik untuk menurunkan berat badan secara optimal.

BACA JUGA:

1. Jumlah telur yang harus dimakan per hari

American Heart Association menyarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 300 mg kolesterol yang terkandung di dalam makanan per hari. Dalam satu butir telur mengandung 185 mg kolesterol. Pemilik Fittness Nutrition Studios Jim White merekomendasikan agar membatasi asupan telur harian sebanyak 1,5 butir jika memilih makanan rendah kolesterol untuk dikonsumsi.

Sebuah studi yang diterbitkan JAMA menemukan bahwa mengonsumsi makanan dengan kolesterol tinggi, khususnya telur dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kematian. Putih telur memiliki banyak protein di dalamnya. Ada sekitar 3 gram protein dalam satu putih telur. Jika memisahkan kuning telur karena tidak ingin kandungan kolesterol yang ada bisa meningkatkan kadar kolesterol tubuh, memakan delapan putih telur setara dengan jumlah keseluruhan kandungan yang ada dalam sebutir telur.

2. Telur sebagai menu diet

Simpan beberapa telur rebus ke dalam lemari es untuk camilan setelah berolahraga. Cara lain mengonsumsi telur dengan mencampurkannya dengan alpukat sebagai isian roti untuk sarapan.

3. Manfaat mengonsumsi telur

Makan telur dengan jumlah yang tepat dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh di antaranya adalah menurunkan inflamasi, melindungi dari penyakit yang menyerang metabolisme, membentuk otot tanpa lemak, meningkatkan imunitas dan energi, menyehatkan rambut dan kulit, dan dapat menurunkan stres maupun gangguan kecemasan.



Simak Video "Manfaat Susu dan Telur untuk Tingkatkan Imunitas"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)