Jumat, 13 Nov 2020 06:20 WIB

7 Tanda Seseorang Harus Segera Menurunkan Berat Badan

Kanya Anindita - detikHealth
Female is dieting and checking her weight on the scale, selective focus Kapan berat badan harus diturunkan? (Foto: istock)
Jakarta -

Berat badan yang berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Hal-hal tersebut seperti jantung yang bekerja lebih keras, tekanan pada arteri dan persendian, serta peradangan yang berakibat pada diabetes dan penyakit jantung.

Dikutip dari Insider, berikut 7 pertanda seseorang harus menurunkan berat badan dan berkonsultasi kepada ahlinya:

1. Nyeri Sendi

Jika berjalan kaki atau menuruni tangga saja terasa melelahkan, bisa jadi pertanda bahwa beban tubuh terlalu berat dan berdampak pada persendian. Diet dan olahraga secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi rasa sakit pada sendi.

2. Mendengkur terlalu keras

Mendengkur saat tidur merupakan salah satu kondisi terganggunya pernapasan. Saat tubuh menyimpan lemak terlalu banyak di leher, pernapasan menjadi pendek dan tersendat. Hal itu menyebabkan dengkuran yang keras serta tidur menjadi kurang nyenyak.

3. Tekanan darah tinggi

Berat badan yang berlebihan dapat berpengaruh pada tingginya tekanan darah. Hal ini menyebabkan sistem kardiovaskular harus bekerja ekstra untuk mengatur pertukaran oksigen dalam tubuh. Menerapkan pola makan sehat dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Baca Juga

4. Kolesterol yang tinggi

Menurunkan berat badan adalah cara utama untuk menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Kebiasaan lain selain diet juga berpengaruh pada munculnya kolesterol, seperti asupan nutrisi serta pola olahraga yang teratur. Perubahan pola makan dapat menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]