Senin, 16 Nov 2020 06:53 WIB

4 Makanan yang Aman Dikonsumsi Pengidap Diabetes

Zintan Prihatini - detikHealth
Ilustrasi diabetes Makanan untuk pasien diabetes tak boleh sembarangan (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Diet sehat bagi pengidap diabetes bisa dilakukan dengan mengatur pola makan dan perubahan gaya hidup. Tidak ada diet khusus untuk pengidap diabetes, namun makanan tertentu dapat berpengaruh jika dikonsumsi.

Mencari tahu dan memilih makanan terbaik untuk dimakan saat mengidap diabetes mungkin akan sulit. Hal itu karena tujuan utama dari pemilihan adalah mengontrol kadar gula darah.

Beberapa makanan dapat menurunkan kadar gula dan mengurangi risiko komplikasi penyakit diabetes. Diet sehat dapat berperan penting untuk mengurangi komplikasi tersebut.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut menu diet sehat pengidap diabetes.

1. Buah dan sayur

Buah dan sayuran rendah kalori, memiliki kandungan vitamin, mineral, dan serat. Buah dan sayuran segar dapat membantu melindungi dari stroke, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan beberapa jenis kanker. Pengidap diabetes lebih rentan dengan penyakit tersebut.

Konsumsi buah dan sayur dalam bentuk olahan jus bisa menjadi pilihan, namun hindari penggunaan gula. Buah dan sayur yang dapat dimakan di antaranya melon, beri, kurma, aprikot atau plum, wortel, kacang polong, jamur, mentimun, bayam, kubis, kembang kol, brokoli, seledri dan selada.

2. Ikan berminyak

Ikan berminyak seperti makerel, salmon, dan sarden memiliki banyak minyak omega-3 yang dapat membantu melindungi jantung. Makanan jenis ini bisa dikonsumsi satu minggu sekali dengan porsi yang tepat. Selain ikan, makanan berprotein seperti kacang-kacangan, telur, dan daging juga dapat dikonsumsi.

3. Greek yoghurt

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan produk susu seperti yoghurt dapat meningkatkan pengaturan gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung, sebagian karena probiotik yang dimilikinya. Studi menunjukkan yoghurt dapat mengurangi risiko penyakit diabetes. Greek yoghurt juga bisa menahan rasa lapar untuk membantu menurunkan berat badan.

4. Bawang putih

Tiga gram bawang putih mentah mengandung 4 kalori. Kandungan lain di dalam bawang putih adalah mangan, vitamin B6, vitamin C, selenium, dan serat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bawang putih meningkatkan manajemen glukosa darah, dapat mengatur kolesterol, dan menurunkan tekanan darah. Bawang putih dapat dimakan mentah maupun dijadikan bumbu olahan dalam masakan.



Simak Video "Awas! Diabetes Mengintai Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)