Selasa, 17 Nov 2020 06:45 WIB

5 Tips Diet yang Mudah dan Aman Bagi Remaja

Farah Nabila - detikHealth
Ilustrasi lapar tengah malam. Diet sehat untuk remaja (Foto: iStock)
Jakarta -

Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan masalah bagi segala usia. Banyak remaja yang melakukan diet untuk meningkatkan percaya diri. Tak jarang banyak remaja yang melakukan diet dengan cara yang salah, padahal mereka masih dalam tahap pertumbuhan. Oleh karena itu, penting bagi remaja untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Menghilangkan lemak tubuh yang berlebih dapat meningkatkan kesehatan dan meningkatkan kepercayaan diri. Upaya penurunan berat badan dapat dilakukan dengan merubah pola makan dan gaya hidup yang sehat dalam jangka yang lama.

Biasanya para remaja menginginkan penurunan berat badan dengan cara yang instan. Namun jika salah pilih cara diet, hal tersebut dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Dikutip dari Healthline, berikut cara menurunkan berat badan yang efektif dan aman bagi remaja.

1. Hindari minuman manis

Salah satu cara termudah untuk menurunkan berat badan berlebih dengan mengurangi minuman manis. Mengonsumsi minuman manis dapat meningkatkan berat badan pada remaja dan menimbulkan masalah kesehatan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi gula tambahan yang tinggi dapat menyebabkan penambahan berat badan pada remaja. Konsumsi gula tambahan yang tinggi juga dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit hati berlemak non alkohol, jerawat, dan gigi berlubang.

Beberapa jenis minuman manis dengan gula tambahan seperti soda, minuman berenergi, teh manis dan minuman perasa buah.

2. Lakukan aktivitas fisik

Kamu tidak harus bergabung dengan tim olahraga atau gym untuk menjadi bugar secara fisik. Cukup duduk lebih sedikit dan lebih banyak bergerak adalah cara terbaik untuk menghilangkan lemak tubuh yang berlebih.

Meningkatkan aktivitas harian secara keseluruhan juga dapat meningkatkan massa otot, yang dapat membantu tubuh membakar kalori dengan lebih efisien. Temukan aktivitas fisik yang kamu sukai agar tubuh menjadi sehat dan bugar.

3. Konsumsi makanan bergizi

Daripada berfokus pada kandungan kalori, pilih makanan berdasarkan kepadatan gizinya. Sayuran, buah-buahan, biji-bijian, lemak sehat, dan sumber protein yang sehat dapat mendorong penurunan berat badan.

Karena remaja masih dalam masa pertumbuhan, mereka juga membutuhkan nutrisi tertentu seperti fosfor dan kalsium yang lebih tinggi daripada orang dewasa.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]