Selasa, 17 Nov 2020 08:58 WIB

Ingin Ngemil Tapi Takut Gemuk? Ini 7 Menu Sehat yang Bisa Dicoba

Zintan Prihatini - detikHealth
Ngemil malam Ingin ngemil tapi takut gemuk (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Saat sedang menjalani program diet, keinginan untuk mengemil tidak dapat dihindari. Beberapa camilan yang dikonsumsi dapat menambah angka pada timbangan. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa ada camilan enak dan sehat yang bisa dikonsumsi untuk bantu turunkan berat badan.

Pilihan makanan yang sehat dengan banyak protein dan nutrisi menjadi incaran banyak orang. Beberapa camilan dapat membantu tetap merasa kenyang sepanjang hari dan membatasi keinginan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Dikutip dari Healthline, berikut camilan sehat yang bisa dikonsumsi sekaligus membantu menurunkan berat badan.

1. Kacang

Jika camilan sehat dan bergizi adalah menu yang dicari, maka kacang adalah jawabannya. Mengonsumsi kacang dapat menurunkan risiko penyakit jantung, membantu mencegah kanker, depresi, dan beberapa penyakit tertentu lainnya. Meskipun kaya akan lemak, kacang sangat mengenyangkan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan kacang dalam jumlah sedang dapat membantu menurunkan berat badan.

Kacang mengandung lemak sehat, protein, dan serat. Di dalam 28 gram kacang terkandung 180 kalori. Mudah disimpan di manapun, kacang cocok dijadikan camilan sore atau dapat dibawa ketika bepergian.

2. Irisan apel dengan selai kacang

Irisan apel dan selai kacang akan nikmat jika dimakan di saat bersamaan. Apel kaya serat dan antioksidan polifenol yang dapat menyehatkan usus dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selai kacang terbukti meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) dan mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida.

Tambahkan irisan apel ukuran sedang dengan satu sendok makan selai kacang alami. Campuran dengan takaran yang pas memberikan keseimbangan rasa manis, tekstur renyah, dan lembut dengan kalori di bawah 200.

3. Batang seledri dengan krim keju

Campuran batang seledri dan krim keju merupakan camilan klasik yang mengenyangkan dan rendah karbohidrat. Seledri mengandung luteolin, yaitu antioksidan yang mengurangi peradangan dan dapat membantu mencegah kanker. Untuk membuat olahan camilan ini, gunakan lima batang seledri kecil dengan 60 gram krim keju.

4. Keripik kale

Kale kaya akan serat dan antioksidan seperti quercetin dan kaempferol. Dua senyawa tersebut mampu menurunkan tekanan darah dan dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Dalam 67 gram kale mentah terkandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin K.

Buat keripik kale dengan 67 gram daun kale, satu sendok makan minyak zaitun, dan seperempat sendok teh garam. Campurkan semua bahan ke dalam mangkuk. Letakkan potongan kale di atas loyang dan panggang pada suhu 175 derajat celcius selama 10-15 menit. Nikmati keripik kale sebagai camilan di pagi atau sore hari.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]