Senin, 30 Nov 2020 21:43 WIB

Merasa Tambah Gemuk Gara-gara Sering Begadang? Begini Penjelasan Ilmiahnya

Kanya Anindita - detikHealth
insomnia Susah tidur bikin gemuk karena lapar terus (Foto: iStock)
Jakarta -

Jika Anda ingin memperbaiki postur tubuh, berarti Anda harus memperhatikan pola tidur karena kualitas tidur memengaruhi berat badan. Jam tidur yang Anda lakukan sama pentingnya dengan Anda melakukan diet atau olahraga.

Faktanya, sekitar 30 persen orang dewasa tidur kurang dari enam jam setiap malam. Untuk itu, usahakan untuk tidak tidur larut malam apabila tidak ada kepentingan mendesak.

Dikutip dari Healthline, berikut 4 alasan mengapa kurang tidur memengaruhi berat badan:

1. Kurang tidur dapat meningkatkan obesitas

Tidur yang kurang cukup dikaitkan dengan indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi dan penambahan berat badan. Perubahan berat badan dapat diamati ketika orang tidur kurang dari 7 jam setiap malam.

Sebuah studi menunjukkan bahwa durasi tidur yang singkat meningkatkan kemungkinan obesitas sebesar 89% pada anak-anak dan 55% pada orang dewasa. Kesehatan tubuh juga bisa menurun apabila tidak tidur dengan cukup.

2. Kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan

Ketika Anda kurang tidur, 2 hormon dapat meningkatkan rasa lapar untuk mengonsumsi makanan, yakni ghrelin dan leptin. Hormon kortisol dapat meningkat bila Anda tidak cukup tidur di mana hormon stres ini juga dapat meningkatkan nafsu makan.

Ghrelin adalah hormon yang dilepaskan di perut yang menandakan rasa lapar di otak. Leptin adalah hormon yang dilepaskan dari sel lemak yang menekan rasa lapar dan memberi sinyal kepenuhan di otak.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]