Minggu, 20 Des 2020 06:56 WIB

5 Jenis Buah yang Dipercaya Bisa Menurunkan Gula Darah

Kanya Anindita - detikHealth
Cara pilih alpukat Buah-buahan untuk menurunkan gula darah (Foto: Getty Images/iStockphoto/KucherAV)
Jakarta -

Beberapa makanan sehat dapat dikonsumsi oleh pasien yang terkena pra-diabetes, diabetes, atau penyakit lainnya yang berhubungan dengan gula darah. Buah-buahan menjadi salah satunya yang diketahui dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Menurunkan kadar gula darah tidak hanya sekedar mengatur pola makan, namun harus dibarengi dengan aktifitas lain, seperti berolahraga dan istirahat yang cukup. Menjaga pikiran dari stres juga salah satu cara yang dapat dilakukan agar tubuh tetap sehat.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 buah yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan kadar gula darah:

1. Stroberi

Kandungan antioksidan di dalam buah ini dapat menurunkan kadar gula darah serta menekan kolesterol. Stroberi juga membantu melawan serat yang menyebabkan obesitas terhadap tubuh.

2. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat, vitamin, dan mineral yang bagus untuk menurunkan kadar gula darah. Lemak sehat dalam alpukat juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

3. Apel

Asam klorogenat dan asam galat dalam apel dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah. Penelitian menunjukkan, bahwa makan apel 30 menit sebelum makan nasi dapat membantu menurunkan gula darah dibandingkan hanya makan nasi saja.

4. Jeruk

Meskipun tergolong manis, buah-buahan dapat menurunkan kadar gula darah. Kandungan glisemik rendah dalam jeruk dipercaya tidak berpengaruh pada peningkatan gula darah. Jeruk juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah diabetes.

5. Buah beri

Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan dalam buah beri mampu menurunkan gula darah. Penelitian mengungkapkan bahwa mencampurkan buah beri dengan makanan karbohidrat dapat mengurangi gula darah dalam tubuh.



Simak Video "Awas! Diabetes Mengintai Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)