Rabu, 30 Des 2020 06:41 WIB

Batasi! 5 Makanan Ini Bisa Bikin Perut Kembung

Farah Nabila - detikHealth
Abdominal pain patient woman having medical exam with doctor on illness from stomach cancer, irritable bowel syndrome, pelvic discomfort, Indigestion, Diarrhea, GERD (gastro-esophageal reflux disease) Perut kembung (Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong)
Jakarta -

Perut kembung merupakan kondisi saat adanya tekanan berlebih pada perut yang menyebabkan rasa tidak nyaman. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal sederhana seperti makan terlalu cepat, merokok, berbaring setelah makan hingga makanan yang dikonsumsi.

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, dalam kebanyakan kasus, perut terasa kembung adalah hasil dari memiliki gas ekstra di sistem pencernaan karena menelan udara atau makan makanan tertentu.

Namun perlu diperhatikan jika setiap setelah makan perut selalu kembung. Sebab hal ini bisa menjadi pertanda masalah kesehatan.

"Ini bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan kesehatan usus dan pencernaan Anda," kata Rachel Doyle, RDN, pemilik RAD Nutrition yang berbasis di Chicago.

Dikutip dari Everyday Health, berikut makanan yang bisa memicu perut kembung.

1. Makanan olahan

Sodium atau natrium adalah kandungan dalam makanan yang perlu dihindari agar tidak mengalami perut kembung, sebab sodium dapat menahan air. Dan ketika itu terjadi, Anda akan mengalami pembengkakan atau kembung.

Sodium umumnya berasal dari makanan kemasan dan olahan yang tidak sehat, seperti makanan cepat saji, saus, sup kaleng, dan makanan yang dipanggang seperti roti dan bagel.

2. Makanan tinggi lemak

Makanan yang cenderung tinggi lemak jenuh membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada makanan lain. "Karena ini bergerak lebih lambat melalui saluran GI, ini bisa menyebabkan kembung," ujar Kristin Gillespie, RD, seorang dokter dukungan nutrisi bersertifikat yang berbasis di Virginia Beach, Virginia.

Makanan yang memiliki tinggi lemak jenuh seperti makanan yang dipanggang, daging olahan, dan keju. Untuk mengatasi perut kembung, sebaiknya batasi asupan lemak jenuh hingga 10 persen atau kurang dari jumlah kalori harian.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ini Bahaya Jika Makan Terlalu Cepat"
[Gambas:Video 20detik]