Minggu, 31 Jan 2021 07:01 WIB

5 Manfaat Makan Bayam untuk Kesehatan Menurut Ahli Gizi

Kanya Anindita - detikHealth
Khasiat sayur bayam untuk menu sarapan Foto: iStock
Jakarta -

Dari semua sayuran hijau, bayam adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat dan bisa diolah menjadi berbagai asupan sehat. Bayam bisa diolah menjadi jus bayam (smoothie), salad bayam, bahkan ada yang mencampurkannya dengan adonan kue untuk dipanggang.

Selain itu, bayam juga diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung vitamin K yang bagus untuk kesehatan tulang serta vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dikutip dari Health, berikut 5 manfaat bayam untuk kesehatan:

1. Kaya akan antioksidan

Selain banyak vitamin dan mineralnya, bayam kaya akan antioksidan yang berkaitan dengan anti-inflamasi serta perlindungan dari penyakit. Kaempferol dan flavonoid pada bayam terbukti mengurangi risiko kanker. Ada juga quercetin yang melindungi dari penyakit otak, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

2. Bagus untuk mencegah berbagai jenis penyakit

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food & Function, para peneliti menyatakan bahwa zat yang terkandung dalam bayam dapat mengurangi stres oksidatif dan kerusakan DNA. Selain itu, bayam memicu pelepasan hormon yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Meningkatkan kemampuan kognitif otak

Efek anti-inflamasi pada bayam menjadikannya baik untuk melindungi otak, terutama meningkatkan kemampuan kognitif. Data menunjukkan bahwa orang yang makan satu hingga dua porsi sayuran hijau setiap hari memiliki kemampuan kognitif yang sama dengan seseorang yang 11 tahun lebih muda daripada mereka yang tidak mengonsumsi sayuran hijau.

4. Mengatur tekanan darah

Bayam merupakan sumber nitrat alami, senyawa yang membuka pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah dan meringankan beban kerja jantung. Dalam sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, peneliti menemukan bahwa kadar nitrat dalam darah meningkat setelah mengonsumsi bayam.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Salah satu antioksidan dalam bayam, yang disebut lutein, telah terbukti mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia atau age-related macular degeneration (AMD). AMD adalah penyakit mata yang dapat mengaburkan penglihatan sentral, yang diperlukan untuk beraktivitas seperti membaca dan mengemudi.

AMD adalah penyebab utama kehilangan penglihatan bagi orang-orang yang berusia 50 tahun ke atas. Asupan sayuran bayam yang kaya lutein meningkatkan kadar lutein darah dan juga mencegah terkena penyakit AMD.



Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)