Senin, 08 Mar 2021 07:00 WIB

Susah Kurus, Amankah Minum Obat Pelangsing? Ini Kata Dokter Gizi

Ardela Nabila - detikHealth
ilustrasi minum obat Bahaya obat pelangsing (Foto: iStock)
Jakarta -

Banyak orang yang sering kali menerapkan diet ekstrem untuk mencapai tujuan memiliki berat badan ideal. Bahkan, tak sedikit pula yang turut mengonsumsi obat pelangsing yang banyak dijual di pasaran.

Padahal, hal tersebut justru sangat berbahaya, lho. Pasalnya, diet yang sehat memakan waktu yang tidak sebentar dan melibatkan pola hidup yang sehat pula. Menurut dokter gizi klinis dr Diana F Suganda, M.Kes, SpGK, kebanyakan obat pelangsing yang bisa menurunkan berat badan bekerja dengan cara mengurangi cairan dalam tubuh.

"Sebenarnya kalau kita ngomongin bobot berat badan, ya, bahwa berat badan terdiri dari banyak sekali komposisi. Ada tulang, ada otot, ada cairan, ada organ, ada lemak. Nah, biasanya yang disasar sama obat-obat slimming pills ini, itu bikin kita pipis terus," kata dr Diana dalam program e-Life, Jumat (5/3/2021).

"Jadi, apa yang terjadi? Cairan di tubuh kita juga berkurang. Jadi, kalau kita timbang (berat badan), timbangannya turun. Jelas, karena apa? Yang hilang cairan," lanjutnya.

Dokter Diana kemudian mengatakan bahwa salah satu komposisi dalam obat-obatan tersebut, yang bisa menyebabkan seseorang yang mengonsumsinya menjadi sering buang air adalah diuretik. Dengan berkurangnya cairan dalam tubuh, hal ini tentunya bisa mengganggu keseimbangan dan proses metabolisme dalam tubuh.

"Yang harus diperhatikan adalah, tubuh kita kan itu 60-70 persen terdiri dari cairan, kalau kita kehilangan cairan dalam jumlah yang besar, ya, itu bisa terganggu proses dalam tubuh. Metabolisme, keseimbangan cairan elektron itu keganggu. Hati-hati," ungkapnya.

Lebih lanjut, dokter Dian mengatakan bahwa pemberian obat-obatan untuk menurunkan berat badan tidak bisa diberikan sembarangan dan harus disesuaikan dengan kondisi pasien itu sendiri. Sebab, setiap orang tentunya memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda. Di sisi lain, penggunaan obat pelangsing yang dijual di pasaran justru dapat merusak organ.

"Banyak, nih, yang mengonsumsi obat-obat yang dijual itu, ternyata malah merusak organ. Kena ginjal, lambungnya, wah banyak sekali. Pokoknya jangan sembarangan, deh. Jangan asal-asal (konsumsi) obat diet. Karena ya itu, efeknya malah bahaya terhadap kelangsungan organ," tutupnya.



Simak Video "Puasa Bikin Gemuk Atau Kurus?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)