Jumat, 19 Mar 2021 05:05 WIB

5 Kesalahan saat Sarapan yang Ternyata Bikin BB Naik

Ardela Nabila - detikHealth
Female leg stepping on weigh scales. Healthy lifestyle, food and sport concept. Foto: Getty Images/iStockphoto/spukkato
Jakarta -

Sarapan merupakan salah satu waktu paling penting untuk makan. Pasalnya, dengan mengonsumsi sarapan kamu menjadi lebih berenergi saat beraktivitas sepanjang hari.

Di sisi lain, melewatkan sarapan dapat menyebabkan kamu menjadi susah menurunkan berat badan, sebab kamu menjadi lebih mudah lapar sebelum memasuki waktu makan siang. Namun, saat sarapan terdapat beberapa kesalahan yang kerap dilakukan oleh banyak orang.

Dikutip dari laman Times of India, berikut 5 kesalahan saat sarapan yang harus dihindari menurut Akansha Jhalani, seorang ahli diet sekaligus blogger kesehatan di Beyond The Weighing Scale.

1. Jus buah

Mengonsumsi buah-buahan dalam bentuk jus di pagi hari dapat menyebabkan buah menjadi kehilangan vitamin, mineral, dan serat yang dikandungnya. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk mengonsumsi buah dalam bentuk utuh dengan segelas air putih. Dengan demikian, kamu bisa mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh.

2. Konsumsi kafein berlebihan

Satu cangkir kopi atau teh di pagi hari tentunya dapat meningkatkan suasana hati dan metabolisme seseorang. Akan tetapi, perlu diingat untuk menghindari konsumsi kopi lebih dari satu cangkir. Sebab, konsumsi kafein yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya gangguan tidur.

3. Berpikir bahwa sarapan tidak penting

Meski kamu masih merasa kenyang karena makan malam atau karena sedang terburu-buru, kamu tetap harus sebisa mungkin memastikan untuk mengonsumsi sarapan sehat. Pasalnya, melewatkan sarapan dapat memperlambat metabolisme tubuh yang bisa menyebabkan kamu menjadi lemas saat beraktivitas.

4. Kontrol porsi sarapan

Mengonsumsi apapun yang kamu inginkan dengan porsi besar saat sarapan dapat menyebabkan kamu mengalami kenaikan berat badan. Sebab, saat kamu tidak mengontrol asupan yang masuk di pagi hari, terutama makanan yang tidak sehat, justru dapat menyebabkan kamu mengonsumsi lebih banyak kalori. Sehingga, meski sarapan dapat menambah energi, kamu tetap harus mengontrol jenis makanan serta porsi sarapannya.

5. Tidak minum air putih

Alih-alih langsung mengonsumsi makanan, kamu disarankan untuk meminum air putih terlebih dahulu sebelum sarapan. Sebab, air putih dapat membuat tubuh menjadi terhidrasi, membantu memperlancar pencernaan, mencegah penyakit lambung, dan membuat perut lebih mudah kenyang. Selain itu, meminum air putih di pagi hari dapat menggantikan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh selama kamu tidur di malam hari.



Simak Video "Menko PMK Singgung Diet Ekstrem Berpotensi Picu Stunting"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)