Kamis, 25 Mar 2021 05:30 WIB

Awas! Obesitas Tingkatkan Risiko Kematian pada COVID-19

Vidya Pinandhita - detikHealth
Video lesson. overweight young woman repeating exercises while watching online workout session Obesitas (Foto: iStock)
Jakarta -

Di tengah pandemi COVID-19, problema obesitas kian menjadi-jadi. Padahal, potensi penyakit komorbid pada pengidap obesitas berisiko menyebabkan gejala COVID-19 berkepanjangan, berat, hingga berujung kematian.

Hal ini dijabarkan dokter spesialis penyakit dalam dari Himpunan Studi Obesitas Indonesia (HISOBI) dr Dicky L. Tahapary, SpPD-KEMD, PhD.

"Dengan adanya COVID-19, obesitas itu meningkatkan risiko kematian dari COVID-19 dan risiko COVID yang berat. Di lain sisi, pandemi COVID-19 meningkatkan risiko obesitas karena orang tinggal di rumah, banyak makan, jarang aktivitas fisik," ujarnya dalam webinar oleh Kementerian Kesehatan, Rabu (24/3/2021).

Menurut dr Dicky, penyakit obesitas tak terlepas dari gaya hidup. Ia menyayangkan, sikap cuek soal pola makan masih menghantui tengah pandemi.

Ia mencontohkan, salah satu makanan paling 'jahat' kegemaran masyarakat masa kini tak lain boba milk tea.

"Satu gelas boba milk tea 521 kalori. Kebutuhan kalori orang dewasa rata-rata perempuan 1.500, sedangkan laki-laki 2.000 sampai 2.500 kalori. Artinya kalau sudah minum 1 gelas boba, untuk membakar kalori perlu main tenis selama 84 menit, berenang selama 77 menit, atau aerobik 83 menit.,"

Menurutnya, mengatur pola makan sebenarnya tak sesulit melakukan olahraga. Meski olahraga tak kalah penting, menjaga asupan makanan seharusnya bisa menjadi cara minimal untuk menjalankan hidup sehat di tengah pandemi.

Yang dikhawatirkan, vaksin Corona yang kini tengah digencarkan tak seratus persen efektif membentuk imunitas pada pengidap obesitas.

"Beberapa studi mengatakan bahwa pada pasien obesitas, respons imun setelah diberikan vaksin tidak sebaik pada orang yang tidak obesitas," imbuhnya pada detikcom.



Simak Video "Sederet Penyakit yang Muncul karena Obesitas"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)