Selasa, 06 Apr 2021 22:09 WIB

Tangkal Gemuk dengan Mindful Eating, Cara Makan Penuh Penjiwaan

Ardela Nabila - detikHealth
Fasting - Activity, Hungry, Dieting, House, Women Mindful eating (Foto: Getty Images/iStockphoto/sefa ozel)
Jakarta -

Setiap tahunnya, Hari Kesehatan Dunia diperingati setiap tanggal 7 April. Dari sekian banyaknya cara menjaga kesehatan tubuh, memberikan perhatian terhadap asupan nutrisi makanan yang dikonsumsi merupakan salah satu hal yang paling penting.

Mindful eating atau makan berkesadaran merupakan konsep yang bisa diterapkan untuk membangun kesadaran terhadap makanan yang dikonsumsi. Dengan demikian, mindful eating bisa menjadi salah satu solusi untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit, seperti obesitas.

"Dalam hal status gizi seseorang, artinya mengurangi berat badan dan lain-lain, itu hal yang sangat kompleks. Salah satu approach atau pendekatannya untuk menyukseskan proses penurunan berat badan misalnya, itu bisa dengan melalui mindful eating," kata nutrisionis Seala Septiani, S.Gz, M Gizi pada webinar Hari Kesehatan Dunia, Selasa (7/4/2021).

Menurutnya, mindful eating dapat dijadikan solusi agar seseorang menjadi lebih berhati-hati dalam memilih makanan, sehingga dapat menghindari terjadinya makan berlebihan. Namun, hal ini bukan satu-satunya solusi untuk menangani obesitas.

"Nah, tapi ketika kita membicarakan obesitas, gak hanya tentang mindful eating. Tapi, pertama kita harus tahu betul seberapa banyak sih kita konsumsi, bisa beda-beda setiap orang. Karena ingin menurunkan berat badan dengan ingin mempertahankan berat badan itu beda kebutuhan gizinya," lanjutnya.

Seala mengatakan, selain memperhatikan pola makannya, seseorang yang obesitas juga harus memperhatikan kegiatan serta aktivitas fisik sehari-harinya.

"Jadi perlu dilihat kebutuhannya (gizi). Kedua, ada faktor lain juga, gerak, aktivitas fisik. Nah, pandemi itu salah satu pencetus obesitas karena ruang gerak berkurang. Padahal, kita harus bergerak minimal 150 menit per minggu atau dua setengah jam per minggunya," tutur Seala.

Terakhir, kata Seala, memperhatikan porsi, jenis, dan variasi makanan yang disertai dengan aktivitas fisik serta istirahat yang cukup dapat membantu mengatasi atau mencegah terjadinya obesitas. Sebab, hal tersebut bisa mempengaruhi metabolisme dalam tubuh.



Simak Video "Sederet Penyakit yang Muncul karena Obesitas"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)