Rabu, 07 Apr 2021 08:33 WIB

Tips Mengenalkan 'Mindful Eating' Agar Anak Terhindar dari Obesitas

Ardela Nabila - detikHealth
China - East Asia, Shanghai, 2-3 Years, Asian and Indian Ethnicities, Baby - Human Age, Baby Boys, Chopsticks Mindful eating pada anak (Foto: Getty Images/Asia-Pacific Images Studio)
Jakarta -

Mindful eating atau makan berkesadaran merupakan konsep di mana seseorang memiliki kesadaran terhadap makanan yang dikonsumsi.

Dikutip dari NCBI, dengan menerapkan konsep ini, maka seseorang harus memperhatikan apa yang mereka makan dan bagaimana mereka menikmati makanannya. Menurut Seala Septiani, S.Gz, M.Gizi, mindful eating penting untuk diterapkan sejak anak masih kecil.

Salah satu cara untuk mengajarkan konsep mindful eating sejak dini adalah dengan membiasakan anak untuk tertib dengan waktu makan.

"Sebenarnya dengan kita memperkenalkan mereka makan dengan waktu makan yang tepat, tertib saat makan, misalnya tidak nonton TV saat makan, itu sebenarnya kan sudah mengarah kepada mindful eating," kata Seala dalam webinar Terapkan Produk Pilihan Lebih Sehat, Selasa (6/4/2021).

Disebutkan, fokus pada makanan dan tidak makan sambil multitasking atau melakukan hal lainnya akan membentuk kesadaran anak kepada makanan yang mereka konsumsi.

"Jangan multitask saat makan, jangan biasakan makan sambil melakukan hal lain, lari-lari misalnya, bermain, dan lain-lain. Kemudian latih juga makan dengan porsi tepat, jangan sampai ada judgement," lanjutnya.

Saat makan, para orang tua juga bisa mencoba meningkatkan kesadaran dengan mengajarkan anak untuk mengobservasi jenis makanan yang dimakan, seperti mengenalkan tekstur dan warna makanannya. Di sisi lain, menghindari judgement atau anggapan negatif terhadap makanan juga harus dihindari.

"Selain itu hindari judgement, ya, jangan dibilang ini (makanan) tidak sehat, ini sehat. Nah, itu udah bagian dari tidak mindful sebenarnya. Nah, itu salah," jelasnya.



Simak Video "Cara Tingkatkan Saturasi Oksigen Bagi Pasien Covid-19 yang Obesitas"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)