Senin, 16 Agu 2021 15:52 WIB

Diet Bikin Imunitas Turun, Gampang Kena COVID? Ngawur....

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Female checking kilogrammes getting on the scale - self care and body positivity concept - warm flare on left Foto: Getty Images/iStockphoto/fabrycs
Jakarta -

Menjaga imunitas tubuh menjadi upaya yang bisa dilakukan untuk membentengi diri dari paparan virus Corona. Masyarakat kini semakin sadar dengan kondisi kesehatan, beberapa di antaranya mungkin kini melakukan olahraga rutin hinggan minum multivitamin.

Olahraga dan minum suplemen multivitamin memang dapat membantu meningkatkan imunitas. Namun, hal nomor satu dan yang paling utama untuk diperhatikan adalah menjaga pola makan.

Untuk membentuk sistem imunitas yang optimal, sel-sel tubuh membutuhkan bahan bakar yang berkualitas. Bahan bakar ini adalah makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Banyak yang beranggapan jika kita ingin sehat maka kita harus banyak makan. Yulia Baltschun, Fitness & Diet Specialist yang juga penulis buku I Hate Diet, menyebut ini adalah persepsi yang salah. Makan banyak namun tidak memerhatikan nilai gizi justru bisa berdampak pada obesitas.

Diet, oleh sebagian orang dianggap hanya sekadar membatasi asupan makan. Akibatnya, mereka menghindari diet, yang diartikan sebagai 'tidak makan', karena takut imunitasnya menurun lalu malah kena COVID-19.

"Persepsi ini harus diluruskan. Untuk menjaga imun kita tidak harus makan banyak, tetapi makanlah dengan jumlah yang cukup dengan jenis makanan yang lengkap gizi," kata Yulia.

Faktanya, obesitas justru meningkatkan fatality rate pada pasien COVID-19. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang obesitas atau memiliki berat badan yang berlebih, beresiko 113 persen lebih tinggi untuk terkena COVID-19, 74 persen berisiko masuk ICU (Intensive Care Unit), bahkan 48 persen lebih berisiko berisiko mengalami kematian.

Karenanya, sangat penting untuk memulai menerapkan pola makan yang sehat dan tepat. Kalau kamu masih bingung mau memulai dari mana, kamu bisa beli buku 'I Hate Diet' di e-commerce atau selengkapnya bisa kunjungi instagram @yuliabaltschun.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)