Kamis, 02 Sep 2021 14:45 WIB

Viral Minum Kopi Campur Lemon Bisa Bakar Lemak, Benarkah? Ini Faktanya

Firdaus Anwar - detikHealth
Coffee cup and beans on old kitchen table. Top view with copy space for your text. coffee bag and with sliced u200bu200blemons on wooden table. Black coffee beans. Foto: iStock
Jakarta -

Viral video di TikTok yang menunjukkan orang-orang mencoba diet minum kopi campur lemon. Netizen mengklaim racikan ini dapat membantu bakar lemak dan bikin cepat kurus.

Di dalam video yang beredar dijelaskan ramuan dibuat dengan mencampur satu sendok makan kopi, setengah potong perasan air lemon atau jeruk nipis, dan air hangat. Ramuan tersebut lalu harus diminum setiap hari secara rutin.

"Lemak jahat di perut luntur minum ini setiap pagi," tulis salah satu pengguna TikTok.

Menanggapi tren minum kopi campur lemon, ahli nutrisi dan fisiologi Mayur Ranchordas dari Sheffield Hallam University mengatakan kopi dan lemon tidak berhubungan dengan pemangkasan berat badan. Kafein yang ada pada kopi memang bisa meningkatkan metabolisme, namun dampaknya tidak akan terlalu signifikan.

"Ini cuma bualan besar... Dari sisi keilmuwan, tidak ada makanan yang bisa berdampak langsung membakar lemak. Tidak ada yang bisa," kata Mayur seperti dikutip dari The Sun, Kamis (9/2/2021).

Bila seseorang serius ingin memangkas berat badan, maka cara yang paling disarankan menurut Mayur adalah dengan mengendalikan kalori dari diet dan rutin olahraga. Target utamanya agar asupan kalori tidak melebihi kebutuhan tubuh sehingga malah disimpan jadi cadangan lemak.

Mayur memberi peringatan bahwa tren-tren diet yang mudah di media sosial biasanya hanya trik untuk menjual produk tertentu.

"Banyak orang yang ingin kurus, punya perut ramping, dan tampil menarik. Karena itu mudah mengambil perhatian orang dengan kata-kata 'cukup minum ini maka kamu akan berhasil,'" pungkas Mayur.



Simak Video "Campuran Air Kelapa dan Garam Diklaim Sembuhkan COVID-19, Ini Faktanya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)