Jumat, 03 Sep 2021 14:11 WIB

Lagi Hits

Bagaimana Rasanya Sebulan Turun 21 Kg? Ini Pengakuan Ivan Gunawan

Ayunda Septiani - detikHealth
Ivan Gunawan saat tampil di Brownis. Ivan Gunawan pangkas bobot 21 kg (Foto: Hanif Hawari/detikHOT)
Jakarta -

Perubahan drastis Ivan Gunawan jadi sorotan netizen. Tak sedikit yang penasaran soal pola diet-nya yang berhasil menurunkan 21 kg dalam sebulan, dan tentu saja bagaimana rasanya setelah mendadak ramping.

Usai pangkas berat badan 21 kilogram, desainer yang juga presenter ini mengaku banyak perubahan yang dirasakan. Pria yang sebelumnya memiliki bobot 185 kg kini merasa tidur lebih nyenyak, badannya terasa lebih fit.

"Dulu aku susah tidur, sekarang aku tidur nyenyak banget, bangun tidur juga badan nggak sakit-sakit. Aku ngerasa badan aku benar-benar fit sekali. Semua sebenarnya balik lagi ke pola makan kita dan apa yang kita makan," tutur Ivan kepada detikcom Kamis (2/8/2021).

Selain menjaga pola makan, Ivan memang berkonsultasi dengan ahli untuk menurunkan berat badan. Tetapi, ia menegaskan program diet di luar yang ia jalani bukan berarti tidak efektif memangkas berat badan.

"Mungkin orang lain cocok dengan program diet yang mereka jalanin, tapi kalau aku sih lebih aman punya dokter yang bisa menjaga kesehatan aku, jadi dokter tahu tubuh aku perlunya apa, nggak sembarangan," sebutnya.

Soal olahraga, Ivan tak menjalani aktivitas olahraga berat. Ia hanya disarankan dokter untuk banyak berjalan karena bobot tubuhnya termasuk kategori obesitas.

"Karena aku dari obesitas dari gemuk banget, jadi jangan sampai badan aku berotot," pungkas dia.



Simak Video "Puasa Bikin Gemuk Atau Kurus?"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)