Sabtu, 04 Sep 2021 12:00 WIB

Viral Gadis Turun 49 Kg karena Lelah Dibully, Sampai Disangka Beda Orang

Syifa Aulia - detikHealth
Kisah wanita sukses turunkan berat badan Foto: Tangkapan layar TikTok @aww.dina
Jakarta -

Seorang wanita asal Bengkulu berhasil menurunkan berat badannya secara drastis. Novindina Ayutiani (21) membagikan perjuangan dietnya lewat akun TikTok pribadinya @aww.dina. Ia berhasil diet memangkas 49 kg dari berat awal 94 kg.

Ia memutuskan diet pada 8 Desember 2020 dan berhasil turun hingga 45 kg pada 15 Agustus 2021. Novindina mengaku sengaja mematok angka 45 kg karena menyesuaikan dengan tinggi badannya.

"Kalo untuk turun lagi rasanya tidak. Saya sekarang fokus untuk menaikkan massa otot saya agar berat badan saya tetap stabil," ungkap Novindina kepada detikcom, Kamis (2/9/2021) malam.

Untuk mencapai angka tersebut, ia rutin berolahraga dan mengubah pola makan. Olahraga yang dilakukannya, yaitu lari seminggu sekali, bersepeda seminggu sekali, olahraga angkat beban seminggu sekali, dan zumba tiga kali seminggu.

Dalam hal pola makan, ia mengatakan mengganti menu sarapan dengan susu dan pisang, mengurangi takaran nasi, tidak menyentuh makanan ringan atau camilan, dan sering makan buah.

@aww.dina

Yok bisa 💪🔥 ##fyp ##fypシ ##motivation ##foryoupage ##fypシ゚viral ##fypgakni ##fypdong

♬ original sound - GALAGEA

"Makan nasi hanya siang dan malam, porsi nasinya 5-10 sendok makan dengan sayur dan lauk lain. Minum air putih yang banyak dan tidak menyentuh makanan seperti gorengan, bakso, dan semacamnya," tuturnya.

Menurutnya, menjaga pola makan adalah hal yang cukup sulit dilakukan. Ia mengaku sebelum melakukan diet, dirinya adalah pecinta kuliner. Hambatan lain yang dirasakan Novindina adalah rasa malas untuk latihan.

"Hambatannya males-malesan buat zumba itu. Tapi alhamdulillah bisa dilawan dengan semangat saya untuk berubah menjadi lebih baik,"

Pernah alami body shaming

Saat ditanya motivasi untuk diet, ia mengatakan bahwa faktor utamanya yaitu karena pernah mengalami body shaming.

"Dibully oleh orang yang tidak dikenal dan lingkungan kampus. Sampai tukang parir di restoran tempat saya makan juga ikut membully. Padahal saya tidak kenal sama sekali," tuturnya.

Ia mengaku bahwa tindakan tersebut sangat berdampak pada kesehatan mental dan tingkat kepercayaan dirinya.

"Berdampak pada ketidakpercayaan diri untuk hal apapun. Sampai saya dulu bisa dibilang jarang keluar rumah lagi kecuali ada hal penting," jelas Novindina.



Simak Video "Puasa Bikin Gemuk Atau Kurus?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)