Kamis, 25 Nov 2021 05:00 WIB

Ingin Berat Badan Turun Hingga 15 Kg? Ini Caranya Intermittent Fasting

Astika - detikHealth
Fasting - Activity, Hungry, Dieting, House, Women Intermittent fasting (Foto: Getty Images/iStockphoto/sefa ozel)
Jakarta -

Diet puasa atau lebih dikenal sebagai diet intermittent fasting banyak digemari karena dipercaya bisa menurunkan berat badan serta menjaga kesehatan.

Salah satu artis yang gemar menjalani diet puasa ini adalah Melaney Ricardo yang berhasil menurunkan berat badan hingga 15 kilogram (kg) pada awal tahun lalu.

"Pernah diet karbo, diet garam, buat aku diet keto sudah paling terbaik cepat banget turunnya tapi kok ya enggak happy. Tiap mau makan nggak enak, karena kan enggak boleh tepung, susu, dan turunannya banyak banget. Adik cocok banget diet keto tapi ternyata tiap orang beda-beda. Nah buat gua yang paling cocok adalah intermittent fasting," jelas Melaney Ricardo lewat video YouTube di akun resmi pribadinya pada awal 2020 lalu.

Apa itu diet intermittent fasting?

Konsep dari intermittent fasting atau diet puasa adalah berpuasa selama 16 jam setiap hari atau 24 jam dua kali seminggu.

Diet puasa tidak memiliki larangan tertentu dalam mengonsumsi makanan dan tetap diperbolehkan minum air putih serta teh tanpa gula.

Kenapa harus puasa 16 jam?

Hasil penelitian menunjukkan bahwa puasa selama 10 hingga 16 jam bermanfaat untuk kesehatan karena mengubah simpanan lemak menjadi energi.

Salah satu cara melakukannya adalah dengan berpuasa antara pukul 19.00 hingga 07.00. Sebelum pukul 19.00 diperbolehkan untuk makan malam, sedangkan sesudahnya disarankan hanya minum air putih saja.

Lalu, bagaimana dengan diet puasa yang dilakukan 2 kali seminggu?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Puasa Bikin Gemuk Atau Kurus?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)