Kamis, 25 Nov 2021 12:32 WIB

Rahasia Adele Berhasil Turunkan BB hingga 50 kg dengan Sirtfood Diet

Akbar Malik - detikHealth
Adele di majalah US Vogue Adele tampil dengan gaya baru. (Foto: Instagram/@Voguemagazine)
Jakarta -

Setelah lama tidak tampil ke depan publik, kini Adele memperlihatkan penampilan barunya. Ia saat ini memiliki bentuk tubuh berbeda setelah berhasil menurunkan berat badan hingga 50 kg.

Rupanya, Adele menjalani sirtfood diet. Dalam setahun, sirtfood diet yang dijalani Adele bisa menurunkan berat badannya sampai 20 kg. Ia melakukan sirtfood diet selama empat tahun dan hasilnya adalah tubuhnya yang kini lebih ramping.

Apa itu sirtfood diet yang dilakukan Adele?

Dilansir dari Good Housekeeping, sirtfood diet dicetuskan oleh dua ahli gizi asal Inggris, Aidan Goggins dan Glen Matten. Nama sirtfood diet diambil dari makanan dengan kandungan tinggi sirtuin sebagai bahan utama program diet.

Sirtfood adalah sekelompok protein nabati yang ditemukan di makanan tertentu serta ada dalam tubuh secara alami.

"Secara umum bisa menjadi hal yang baik untuk konsumsi makanan kaya sirtuin, gen yang mungkin bisa menurunkan berat badan, seperti apel, blueberry, minyak zaitun, dan extra virgin olive oil," jelas Tracy Lockwood Beckerman, RD, penulis dari 'The Better Period Food Solution'.

Makanan yang tinggi kandungan sirtuin jika dikonsumsi akan mempercepat metabolisme dan mengurangi peradangan. Selain itu, Annual Review of Physiology mengatakan sirtuin memiliki sifat anti-penuaan.

Kemudian muncul pertanyaan, makanan apa saja yang dikonsumsi dan bagaimana program diet berjalan?

Dikutip dari The Official Sirtfood Diet, program diet didasarkan pada rencana makan yang diseleksi penuh dengan sirtfoods, tapi dibatasi dalam jumlah kalori secara keseluruhan.

Selain itu, program makannya pun harus teratur. Selama tiga hari pertama, pelaku diet diharapkan hanya mengonsumsi 1.000 kalori per hari yang terdiri dari 1 kali makan dan 2 jus hijau.

Selanjutnya, pada pekan pertama bisa mengonsumsi 1.500 kalori setiap harinya dengan jadwal makan sebanyak 2 kali. Beberapa makanan yang termasuk sirtfood adalah sayur kangkung, blueberry, stroberi, bawang, peterseli, arugula, dan caper.

Biji-bijian seperti kenari hingga kunyit juga bisa dikonsumsi. Uniknya, minuman seperti kopi, teh hijau, wine, dan dark chocolate juga masih bisa dikonsumsi selama menerapkan program diet ini.

Meski begitu, ternyata program diet sirtfood menuai kontroversi. Apa saja kontroversi dari sirtfood diet?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA

Simak video 'Album '30' Adele Jadi yang Terlaris Sepanjang 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/kna)