Senin, 21 Feb 2022 21:23 WIB

Mau Cepat Sembuh? Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini saat Isoman COVID

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Layanan isoman Kemenkes memberikan kemudahan bagi masyarakat guna mendapatkan obat selama menjalankan isoman. Isoman COVID-19 (Foto: Getty Images/MarioGuti)
Jakarta -

Pasien COVID-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) harus menjaga pola makan sebaik mungkin agar mempercepat proses pemulihan. Namun, ada beberapa makanan yang perlu dihindari karena justru malah memperparah konsisi.

Sesuai arahan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), seseorang yang terpapar COVID-19 harus mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C, vitamin D, mineral dan zinc. Makanan dengan nutrisi tersebut bisa membantu memulihkan pasien dari COVID-19 lebih cepat.

Sebaliknya, daftar makanan berikut ini harus dihindari karena bisa menyebabkan peradangan dan mengganggu proses penyembuhan. Dikutip dari Times of India, berikut makanan yang harus dihindari saat terpapar COVID-19 dan sedang menjalani isoman.

1. Makanan dalam kemasan

Makanan dalam kemasan mengandung tinggi garam yang dapat meningkatkan peradangan dan memperlambat proses penyembuhan. Ini juga dapat menyebabkan tubuh mengalami komplikasi atau gejala lebih lanjut seperti muntah atau infeksi pada perut.

Sebaliknya, WHO menganjurkan pasien COVID-19 yang sedang isolasi mandiri untuk mengkonsumsi makanan segar dengan kurang dari lima gram garam setiap hari. Selain itu, pasien harus menghindari makan makanan dari luar karena dapat memicu infeksi dan tidak higienis.

2. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng termasuk makanan cepat saji mengandung banyak lemak. Jika dikonsumsi berlebihan, makanan yang digoreng dapat merusak sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, makanan yang digoreng juga dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL), yang terkait dengan penyakit kardiovaskular.

Oleh karena itu, pasien dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat seperti telur, alpukat (kaya serat juga) dan buah-buahan kering seperti kacang-kacangan, almond dan kacang mete.

3. Makanan pedas

Makanan lain yang harus dihindari saat sedang isoman adalah makanan pedas. Pasalnya, bumbu dari makanan pedas dapat mengiritasi tenggorokan atau memperparah batuk. Jika mengalami hidung tersumbat cobalah untuk mengkonsumsi minuman hangat maupun sup untuk meringankan gejalanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Isoman karena Positif COVID-19? Ini Saran Ahli Gizi Agar Cepat Pulih"
[Gambas:Video 20detik]