Minggu, 27 Mar 2022 06:30 WIB

Sering BAB, Berat Badan Cepat Turun? Ada Benarnya, Tapi Salahnya Lebih Banyak

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Beautiful girl is having severe stomach pain while traveling. Sering BAB bikin cepat langsing? (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Buang air besar (BAB) berarti mengeluarkan isi perut dalam jumlah tertentu, yang dampaknya berat badan berkurang meski sedikit. Jika dilakukan lebih sering, apakah bisa bikin cepat langsing?

Jawabannya, bisa jika lebih seringnya BAB terjadi secara alamiah. Perubahan pola makan menjadi lebih banyak asupan serat misalnya, berkaitan erat dengan keberhasilan diet untuk menurunkan berat badan yang sekaligus membuat BAB makin lancar.

Namun dikutip dari Medicalnewstoday, turunnya berat badan dalam kasus ini bukan disebabkan oleh BAB yang lebih sering meski keduanya terjadi bersamaan. Berat badan turun karena asupan serat membuat perut lebih awet kenyang sehingga tidak sering lapar.

Sebagai bukti, berat badan juga bisa turun ketika seseorang meningkatkan asupan protein seperti daging merah. Protein membantu meningkatkan massa otot, serta meningkatkan metabolisme. Namun dampaknya, BAB cenderung malah lebih susah.

Berapa sih berat badan yang terpangkas saat BAB?

Praktisi kesehatan Natalie Rizzo kepada MensHealth menjelaskan, memang ada penurunan berat badan ketika BAB. Tetapi tidak signifikan karena umumnya feses yang keluar tidak lebih dari 100 gram.

"Bisa bervariasi tergantung ukuran tubuh seseorang dan frekuensi BAB. Dikatakan, feses terdiri dari 75 persen air, jadi BAB pasti memangkas berat badan dari bobot air yang dikeluarkan," jelasnya.

Jadi, bagaimana cara yang efektif untuk menurunkan berat badan? Ya olahraga dan menjaga pola makan seimbang pastinya.



Simak Video "Ahli Gizi Jawab soal Diet Harus Batasi Garam dan Gula"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)