Sabtu, 07 Mei 2022 11:01 WIB

Catat Tips Cegah Badan Lebar-an Usai Lebaran, Bye Perut Buncit!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Young happy woman dressed in yellow bathrobe enjoys healthy breakfast and reading on phone at home. Morning affairs and routine Foto: Getty Images/iStockphoto/RossHelen
Jakarta -

Selama berpuasa di bulan Ramadan, tidak sedikit yang mengalami penurunan berat badan. Ramadan juga banyak dijadikan sebagai momen terbaik untuk diet bagi kebanyakan orang.

Namun, tak lama setelah Hari Raya, seringkali berat badan justru naik lagi, dan bahkan lebih tinggi dibandingkan sebelum puasa. Duh, pasti ogah banget kan perut kembali buncit?

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal Endocrinol Metabolism pada 2016 mencatat 4-5 minggu setelah Ramadan, berat badan serta komposisi tubuh kembali seperti sebelumnya. Karenanya, tidak mengherankan kalau jarum timbangan bergeser semakin ke kanan.

Eits, tapi jangan khawatir. Dokter spesialis gizi klinik dari RS Pondok Indah dr Juwalita Suraprasi, SpGK, MGizi, membagikan tips agar badan nggak lebar-an usai lebaran.

Tips diet usai Ramadan

1. Batasi santapan khas Lebaran

dr Juwalita mengatakan nikmatilah momen Hari Raya selama dua hari untuk bisa menyantap hidangan khas Lebaran. Setelah itu, kembalilah kepada pola makan sehat. Makan berlebih selama 2 hari tidak akan menyebabkan berat badan Anda naik secara drastis.

Selain itu, sebisa mungkin konsumsilah hanya air putih ketika Hari Raya. Minuman manis seperti sirup mengandung 'kalori tersembunyi' yang diam-diam bisa meningkatkan asupan kalori harian.

2. Kembali makan makanan yang sehat

Setelah perayaan selama 2 hari tersebut, kembalilah ke diet gizi seimbang yaitu dengan mengonsumsi makanan secara teratur yang mengandung semua komponen gizi, yaitu karbohidrat kompleks, protein rendah lemak, lemak baik, serta sayuran, dan buah-buahan. Jangan lupa pula
penuhi kebutuhan cairan Anda dengan minum air putih yang cukup.

3. Jangan skip olahraga guys!

Jangan pernah meninggalkan olahraga. Usahakan untuk selalu berolahraga teratur apabila rangkaian acara Hari
Raya sudah selesai, misalnya dengan melakukan jogging di sore hari, jalan cepat, bersepeda, atau sekadar berolahraga di rumah dengan mengikuti panduan video.

4. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup secara teratur agar metabolisme tubuh Anda tetap terjaga. National Sleep Foundation menganjurkan agar orang dewasa tidur setidaknya 7-9 jam dalam semalam. Hal ini tentunya sulit dicapai saat sedang berpuasa. Oleh sebab itu, kembalikan lagi ritme normal tubuh Anda. Tidur yang cukup dapat membantu Anda menjaga berat badan yang sudah turun selama Ramadan.



Simak Video "Ahli Gizi Jawab soal Diet Harus Batasi Garam dan Gula"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/vyp)