ADVERTISEMENT

Kamis, 07 Jul 2022 06:30 WIB

6 Menu Sarapan Tinggi Protein, Cocok untuk Diet

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
ilustrasi telur Diet tinggi protein (Foto: iStock)
Jakarta -

Menu sarapan yang baik adalah menu sarapan yang sehat. Kandungan protein yang tinggi pada menu sarapan dipercaya dapat mengunci rasa lapar hingga siang, sehingga cocok untuk yang sedang menjalani program diet.

Dikutip dari Eat This Not That, American Society of Nutrition mengungkapkan bahwa sarapan yang tinggi protein tidak hanya akan bermanfaat bagi kesehatan otot dan mendukung penurunan berat badan. Akan tetapi dapat juga membuat seseorang merasa kenyang sepanjang hari.

Berikut beberapa menu sarapan tinggi protein yang cocok untuk dicoba ketika menjalani program diet.

1. Telur

Telur adalah menu sarapan simple namun bermanfaat. Dalam dua buah telur terdapat sekitar 12 gram protein yang cocok untuk mengganjal perut hingga siang.

"Telur adalah sumber protein yang sangat baik, terdapat juga kandungan kolin dalam telur yang dapat membakar lemak," ujar Martha McKittrick, seorang pakar kesehatan.

2. Selai Kacang

Selai kacang yang cocok untuk dijadikan menu tambahan sarapan adalah selai kacang alami yang hanya terbuat dari kacang tanah dan garam. Selai kacang alami umumnya tidak menambahkan gula dalam komposisinya.

Ahli gizi, Kristin Reisinger, MS, RD, CSSD, menyarankan untuk membuat smoothie yang penuh gizi untuk memulai hari. Ia menyarankan untuk mencampurkan satu cangkir susu almond tanpa pemanis dengan satu sendok bubuk protein, setengah buah pisang, dan satu sendok makan selai kacang.

"Minuman ini adalah cara sederhana untuk memulai hari dengan keseimbangan sempurna antara lemak sehat, protein, dan karbohidrat," ujar Reisenger.

"Tanpa adanya kalori berlebih, minuman ini cocok untuk yang sedang menurunkan berat badan," sambungnya.

3. Dada Ayam

Bagi yang senang sarapan dengan porsi yang sedikit berat, bisa mencoba menu sarapan dengan dada ayam. Dalam 4 oz atau sekitar 113 gram dada ayam, terkandung sekitar 19 gram protein.

"Sayuran kaya serat dan protein tanpa lemak adalah kombinasi menu sarapan yang dapat membuat seseorang kenyang dan berenergi selama berjam-jam," ucap Lisa Moskovitz, pendiri New York Nutrition Group.

4. Oatmeal

Menu sarapan menggunakan karbohidrat tentu saja diperbolehkan, asal tinggi serat dan protein serta rendah lemak. Dalam satu cangkir oatmeal yang dimasak terkandung sekitar 6 gram protein.

"Oatmeal adalah sumber karbohidrat kompleks yang bagus untuk bahan bakar tubuh dan serat untuk mengurangi risiko penyakit jantung," ucap Jim White, RDN, seorang ahli nutrisi dan kebugaran.

Ia menyarankan untuk memadukan oatmeal dengan blueberry, kenari, dan susu almond sebagai menu sarapan yang kaya nutrisi dan mengenyangkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Menjalani Intermittent Fasting"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT