5 Makanan Pembersih Otak Kotor, Bisa Bantu 'Upgrade' Memori

ADVERTISEMENT

5 Makanan Pembersih Otak Kotor, Bisa Bantu 'Upgrade' Memori

Alethea Pricila - detikHealth
Rabu, 19 Okt 2022 06:00 WIB
ilustrasi otak
Makanan pembersih otak (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Otak merupakan organ tubuh manusia yang berada di kepala dan memiliki peran penting untuk kehidupan manusia. Organ kompleks ini mengontrol pikiran, memori, emosi, sentuhan, keterampilan, motorik, pengelihatan, pernapasan hingga rasa lapar.

Berat rata-rata otak yang dimiliki otak adalah 1,3 kg dengan 60 persen lemak dan 40 persen lainnya adalah kombinasi dari air, protein, karbohidrat, dan garam. Jika otak mengalami kerusakan ada banyak hal yang terjadi pada tubuh manusia seperti sulit fokus hingga penyakit lainnya.

Kondisi it terjadi karena fungsi kerja otak berpengaruh kepada organ lainnya. Maka dari itu, salah satu cara yang bisa membuat otak tetap sehat adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Ini makanan pembersih otak, dikutip dari beberapa sumber.

1. Alpukat

Buah ini kaya akan vitamin C yang sudah terbukti membantu perlambatan penurunan kognitif pada orang tua. Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bisa meningkatkan penyerapan vitamin yang larut dalam lemak dari berbagai makanan.

2. Telur

Telur kaya akan kolin, sejenis vitamin B yang bisa meningkatkan daya ingat serta daya serap. Komponen fosfatidilkolin yang ada pada telur merupakan bagian penting yang bermanfaat bagi sel otak.

3. Ikan Berminyak

Ikan berminyak merupakan ikan yang mengandung minyak dalam dagingnya. Jenis ikan ini seperti salmon, tuna hingga sarden. Semua jenis ikan tersebut merupakan kaya akan sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk membangun sel otak dan saraf serta memori.



Simak Video "Awas Kanker Otak, Kenali Gejalanya"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT