Nasi Putih Biang Kerok Perut Buncit dan Kencing Manis? Ini Faktanya

ADVERTISEMENT

e-Life

Nasi Putih Biang Kerok Perut Buncit dan Kencing Manis? Ini Faktanya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sabtu, 31 Des 2022 06:56 WIB
Overweight woman with tape is measuring fat on belly - obesity concept
Nasi putih biang kerok perut buncit dan diabetes? Ini Faktanya (Foto: iStock)
Jakarta -

Pro dan kontra makan nasi putih mencuat setelah seorang influencer membagikan pandangannya di media sosial. Menurutnya, kandungan gula dalam semangkuk nasi putih pulen setara 2-3 sendok makan gula!

Tak pelak, banyak yang mengaitkan asupan nasi putih dengan risiko perut buncit dan bahkan risiko diabetes melitus. Namun demikian, tidak sedikit pula yang menentang anggapan tersebut dan menilainya berlebihan.

Praktisi kesehatan dr Andi Khomeini Takdir Haruni, SpPD alias dr Koko menegaskan, dirinya tidak dalam posisi pro maupun kontra. Menurutnya, nasi putih bisa menjadi baik maupun jahat tergantung banyak faktor, terutama porsinya.

"Nasi putih itu sifatnya menurutku netral ya, itu bukan sebuah kejahatan. Tapi tergantung kitanya mau makan berapa banyak," tegasnya dalam tayangan e-Life detikcom, Jumat (30/12/2022).

Menurutnya, nasi putih bisa jadi malah menyehatkan jika porsi kalorinya sesuai tujuan diet. Misalnya saat ingin menaikkan berat badan, kalori ditingkatkan dan jika ingin menurunkan maka asupan kalori dikurangi.

"Kalau kita makan sesuai dengan kebutuhan kalori, itu malah menunjang produktivitas. Ya kan, kalau lapar ya mau ngapain juga," jelasnya.



Simak Video "Apakah Perut Buncit jadi Sarang Penyakit?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT