Viral Diet Puasa ala Ade Rai, Bye-bye Perut Buncit dalam Seminggu

ADVERTISEMENT

Viral Diet Puasa ala Ade Rai, Bye-bye Perut Buncit dalam Seminggu

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Senin, 09 Jan 2023 09:28 WIB
Ade Rai
Ade Rai. (Foto: 20detik)
Jakarta -

Viral tips diet nggak menyiksa ala Ade Rai. Ade Rai menggunakan diet puasa atau dengan nama populernya, intermittent fasting.

Aturan utama dalam diet ini yakni membatasi waktu makan seseorang selama delapan jam. Contohnya, seseorang mengonsumsi makan siang sekitar pukul 11.00 dan dilanjut dengan makan malam pada pukul 19.00.

Salah satu cara yang efektif menurunkan berat badan menurut mantan binaragawan ini adalah dengan mengubah jam makan. Ade Rai menjelaskan hanya pada saat tidur, orang tidak akan makan. Artinya, sekitar 30 persen dalam 24 jam dihabiskan orang-orang untuk tidak makan dan 70 persen lainnya adalah waktu untuk makan.

Ade Rai menyarankan untuk menukar presentase tersebut. 30 persen untuk makan, dan 70 persen untuk yang tidak makan atau 'berpuasa'.

"Jadi terakhir makan misalnya jam 8 atau 9 malam, nanti baru makan lagi jam 11 siang sebagai breakfastingnya, maka teman-teman tau bahwa dengan tidak makan pagi langsung makan siang, maka terjadi perubahan persentase kepemilikan di mana jendela tidak makan kita justru menjadi yang lebih dominan," ujarnya di dalam video tersebut.

Mantan binaragawan itu memberikan opsi berupa time restricted feeding atau jam disiplin makan. Ia memberikan range untuk memilih durasi jendela makan yaitu:

08.00 pagi - 16.00 sore
10.00 pagi - 18.00 sore
13.00 siang - 20.00 malam

"Kalau teman-teman bilang udah puluhan tahun harus makan pagi, oke berarti (dari) jam 8 pagi sampai jam 4 sore berarti terakhir makannya," tambahnya.

Meski demikian, diet puasa ini perlu dibarengi dengan engontrol karbohidrat jumlah dan mengontrol karbohidrat sumber yang masuk ke dalam tubuh. Ia menganjurkan sumber karbohidrat yang alami seperti sayur-sayuran atau ubi, dan kentang.

"Maka tentunya sayur-sayuran atau mungkin seperti misalnya ubi, mungkin kentang kadang-kadang kita makan juga sama kulitnya jadi menambah seratnya lebih tinggi otomatis potensi untuk disimpan di dalam sel lemak itu menjadi lebih kecil," pungkas Ade Rai.



Simak Video "Punya Resolusi Diet di Tahun 2023? Simak Tips Suksesnya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT