Apakah Bihun Bagus untuk Diet? Cek Faktanya di Sini

ADVERTISEMENT

Apakah Bihun Bagus untuk Diet? Cek Faktanya di Sini

Celine Kurnia - detikHealth
Selasa, 17 Jan 2023 13:45 WIB
Resep Bihun Goreng Enak
Apakah bihun bagus untuk diet? (Foto: iStock)
Jakarta -

Diet kerap dilakukan oleh orang-orang yang ingin memiliki tubuh proporsional. Diet dilakukan dengan mengatur pola dan jenis makanan dengan mempertimbangkan jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Bihun adalah salah satu sumber karbohidrat yang menyumbang kalori bagi tubuh. Namun, apakah bihun bagus untuk diet?

Dikutip dari laman Pure Wow, bihun terbuat dari tepung beras sehingga bebas gluten. Tekstur lembut tampilannya yang transparan biasanya merupakan hasil campuran tepung jagung atau tapioka yang ditambahkan ke dalam tepung beras agar teksturnya lembut.

Dikutip dari Healthline, satu porsi bihun memiliki protein dan karbohidrat dalam jumlah sedang. Bihun juga rendah lemak dan serat. Bihun memiliki kandungan mineral selenium yang cukup tinggi sebesar 14 persen dari Nilai Harian. Satu porsi bihun (176 gram) menghasilkan 190 kalori yang setara dengan satu porsi nasi. Bihun memiliki kalori 14-20 persen lebih sedikit per porsi daripada pasta olahan atau pasta gandum utuh.

Apakah Bihun Bagus untuk Diet?

Bihun mengandung cukup kalori tanpa menyumbang gluten. Oleh sebab itu, bihun adalah salah satu pilihan makanan yang bagus untuk diet. Berikut adalah beberapa alasannya.

1. Bebas Gluten

Gluten adalah protein yang terdapat di gandum, gandum hitam, dan jelai. Gluten bisa menyebabkan kerusakan usus, kram, kembung, dan diare. Produk tepung beras seperti bihun memiliki rasa dan tekstur yang sangat mirip dengan produk gandum sehingga dapat menjadi pilihan ketika menjalani diet bebas gluten. Bagi pengidap penyakit celiac atau sensitif terhadap gluten, konsumsi bihun juga dianjurkan dalam diet.

2. Rendah Sodium

Sodium merupakan nutrisi dan elektrolit penting. Namun, konsumsi sodium yang berlebih dapat membahayakan kesehatan dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penyakit ginjal. Meskipun bihun rendah sodium, detikers harus berhati-hati dalam mengonsumsi bahan lain seperti memantau kecap untuk mengurangi asupan sodium keseluruhan.

3. Kaya Mangan dan Selenium

Mangan adalah mineral penting yang mengatur gula darah dan mengurangi peradangan. Satu porsi bihun mengandung 14 persen mangan harian. Bihun juga mengandung 12 persen selenium harian dan antioksidan yang membantu menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, serta penyakit kronis lainnya.

4. Kaya Fosfor

Fosfor tidak hanya membantu tubuh dalam menggunakan dan menyimpan energi, tetapi juga menjaga kesehatan gigi, tulang, serta membantu ginjal menyaring racun tubuh. Satu porsi bihun mengandung 87 miligram fosfor atau sekitar 9 persen dari jumlah yang seharusnya dikonsumsi setiap sehari.

Dari penjelasan di atas, detikers mengetahui kandungan nutrisi pada bihun. Apakah bihun bagus untuk diet? Sudah pasti. Selain bihun, detikers perlu mengimbangi konsumsi diet dengan makanan-makanan lain yang juga kaya nutrisi.



Simak Video "Punya Resolusi Diet di Tahun 2023? Simak Tips Suksesnya"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT