Jumat, 24 Des 2021 05:00 WIB

10 Makanan Sehat untuk Diet yang Bisa Dicoba

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Ilustrasi lapar tengah malam. Makanan sehat untuk diet (Foto: iStock)
Jakarta -

Semua orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dengan berat badan yang ideal. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah melakukan diet.

Ketika sedang menjalankan program diet atau menurunkan berat badan, sejumlah cara pasti dilakukan, baik itu melakukan olahraga yang rutin hingga pemilihan makanan.

Berbicara tentang pemilihan makanan, orang yang diet tentunya perlu memilih-milih makanan yang harus dimakan dan mana yang harus dihindari. Hal ini dilakukan supaya diet berhasil dengan maksimal.

Selain mengonsumsi makanan yang mampu menurunkan berat badan, sebaiknya ketahui juga apakah makanan tersebut dapat memberikan nutrisi baik untuk tubuh atau tidak.

Tubuh juga memerlukan nutrisi yang baik untuk menguatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit meskipun dalam keadaan diet.

Lalu, apa saja makanan sehat untuk diet dan tubuh? Mengutip dari berbagai sumber, berikut makanan sehat untuk diet yang sudah dirangkum oleh detikcom:

1. Telur

Telur adalah salah satu makanan sehat untuk diet yang mampu menurunkan berat badan. Telur memiliki kandungan protein tinggi dan berbagai nutrisi yang dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Agar diet berjalan dengan sempurna, hindari makan telur dengan campuran mentega atau minyak yang mengandung banyak lemak jahat.

2. Oatmeal

Oatmeal memang dikenal sebagai salah satu makanan sehat untuk diet. Selain mengandung banyak serat, nutrisinya mampu meningkatkan kesehatan dan mempercepat penurunan berat badan.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, oatmeal jenis steel cut oats adalah salah satu pilihan yang sangat bagus untuk diet.

Hal tersebut karena makanan ini memiliki glikemik rendah setelah dimasak daripada rolled oats dan instant oats. Perlu diingat juga saat memilih oatmeal pastikan yang tidak mengandung banyaknya gula dan minim protein.

3. Buncis, lentil, dan kacang polong

Kacang-kacangan seperti buncis, lentil, kacang polong, dan kacang lainnya memiliki kandungan protein dan serat tinggi yang dapat memberikan efek kenyang yang cukup lama. Itu mengapa kacang-kacangan ini dikenal sebagai makanan sehat untuk diet.

4. Alpukat

Buah mengkal dan berwarna hijau ini memang banyak manfaatnya terutama sangat bagus untuk diet. Selain rendah kalori, alpukat juga merupakan sumber vitamin C, E, K, dan B-6, serta riboflavin, niasin, asam folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium yang bagus untuk tubuh.

Lemak sehat yang terkandung di dalamnya diklaim ampuh untuk menurunkan kolesterol, mengontrol gula darah, dan bahkan menurunkan berat badan.

5. Berry

Buah berry diklaim memiliki serat tinggi yang mampu menurunkan berat badan secara cepat. Bisa campurkan buah berry dengan oatmeal, salad, atau yoghurt untuk tambahan makanan saat diet.

6. Sayuran silangan (cruciferous vegetables)

Sayuran silangan seperti brokoli, kembang kol, kubis, dan kubis brussel memiliki serat tinggi dan cenderung sangat mengenyangkan di perut. Selain itu, sayuran ini juga mengandung protein dalam jumlah yang banyak. Meskipun tidak setinggi protein pada makanan hewani atau kacang-kacangan.

Kombinasi protein, serat, dan kalori yang rendah, menjadikan sayur selingan sebagai makanan sehat untuk diet.

7. Salmon

Makanan diet sehat selanjutnya adalah salmon. Kandungan protein tinggi, asam lemak omega-3, dan nutrisi dalam salmon, mampu memberikan rasa kenyang di perut yang lebih lama. Masak salmon dengan cara direbus untuk menghindari pemakaian minyak yang banyak mengandung lemak jahat.

8. Kentang

Kentang rebus menjadikan makanan yang kerap digunakan untuk program diet karena kalorinya yang lebih rendah daripada nasi.

Selain mengandung karbohidrat yang bisa membuat perut kenyang, kentang juga memiliki protein dan serat tinggi yang dapat menutrisi tubuh. Sama seperti telur, kentang dikonsumsi tanpa tambahan bumbu, saus, mentega, keju, dan mayones.

9. Tuna

Selain salmon, tuna juga termasuk salah satu ikan yang bagus untuk diet. Kandungannya yang kaya akan protein dan omega-3, tuna dapat mengontrol rasa kenyang di perut lebih lama.

10. Greek yogurt

Makanan sehat untuk diet berikutnya adalah Greek Yogurt. Makanan ini dikenal mempunyai kandungan jumlah protein yang lebih banyak daripada yogurt biasa. Dan tentunya dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Selain itu, yogurt ini mengandung bakteri probiotik yang dapat meningkatkan fungsi usus di dalam tubuh.

Itulah 10 makanan sehat untuk diet yang bagus untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh. Agar hasilnya lebih maksimal, jangan lupa untuk membarenginya dengan olahraga yang rutin minimal 10-15 menit sehari. Hindari penggunaan obat pelangsing yang memberikan dampak buruk terhadap tubuh.



Simak Video "Bocoran Ade Rai soal Diet Sehat ala Jenderal Andika Perkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)