Kamis, 28 Jul 2016 12:33 WIB

Cukup 1 Jam Jalan Kaki untuk Menangkal Efek Buruk Terlalu Banyak Duduk

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Kurang gerak karena seharian harus bekerja di depan komputer memang tidak sehat. Luangkan waktu 1 jam/hari untuk berjalan kaki jika tidak ingin merasakan dampak buruknya.

Sebuah penelitian di jurnal The Lancet menyebut jalan kaki dengan tergesa-gesa atau brisk walk bisa mengimbangi dampak buruk dari gaya hidup kurang gerak.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan membagi sejumlah partisipan menjadi 4 kelompok berdasarkan aktivitas fisiknya. Kelompok paling tidak aktif hanya bergerak kurang dari 5 menit/hari, dan yang paling aktif bergerak 60-75 menit/hari.

Hasil pengamatan menunjukkan, partisipan yang duduk 8 jam/hari tapi aktivitas fisiknya paling tinggi, memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami penyakit kronis dibandingkan partisipan yang lebih sedikit duduk tetapi paling jarang bergerak.

Baca juga: Terlalu Banyak Nonton TV Tingkatkan Risiko Penggumpalan Darah di Paru

Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan risiko mati muda akibat duduk terlalu lama berkurang pada partisipan yang melakukan sedikitnya 1 jam aktivitas fisik setiap hari. Demikian dikutip dari NYdailynews, Kamis (28/7/206).

Walau demikian, duduk terlalu lama tetap tidak dianjurkan. Jika memang tuntutan pekerjaan mengharuskan untuk demikian, luangkan waktu sejenak tiap 1-2 jam untuk beranjak dari meja kerja. Berjalan ke toilet atau mengambil minum di pantry bisa sedikit memangkas durasi duduk agar tidak terlalu lama.

Baca juga: 5 Dampak Buruk Menonton TV Terlalu Lama Terhadap Kesehatan (up/vit)