Sabtu, 14 Okt 2017 11:46 WIB

Cara Atasi Sakit di Payudara Saat Menstruasi

Erika Kurnia - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Keluhan sakit di payudara memang sulit untuk dicegah oleh setiap wanita selama menstruasi. Kondisi ini disebabkan oleh perubahan hormon wanita, yaitu progesteron dan estrogen. Kabar baiknya, ini dapat diatasi dengan mudah.

Beberapa penelitian menemukan ada beberapa cara untuk mengatasi rasa sakit pada payudara selama menstruasi. Berikut ini di antaranya.

1. Olahraga teratur dan atur makan
Pertama adalah berolahraga secara teratur, hindari makanan asin tinggi garam, dan kurangi konsumsi mengandung kafein, seperti kopi dan teh, termasuk jauh hari sebelum waktu menstruasi reguler Anda.

Baca juga: 4 Hal Normal yang Bisa Picu Nyeri di Payudara

2. Obat mengandung ibuprofen
Jika payudara Anda sakit dan ingin diatasi segera, cobalah obat yang mengandung ibuprofen atau acetaminophen yang biasa ditemukan pada obat sakit gigi, demam, atau nyeri haid. Perlu dicatat, obat-obat pereda nyeri bisa meningkatkan risiko kerusakan hati jika dikonsumsi berlebihan. Konsultasikan dengan ahlinya untuk mendapatkan dosis yang tepat.

3. Kompres panas atau dingin
Untuk atasi sakit pada payudara saat itu juga, Anda bisa menerapkan panas atau dingin selama beberapa menit, beberapa kali dalam sehari.

4. Perhatikan pilihan beha
Menggunakan beha akan membantu mengurangi perparahan sakit payudara akibat goncangan saat bergerak. Pakai beha yang bisa menyanggah payudara lebih baik.

5. Periksa ke dokter
Sesuatu yang lebih serius mungkin terjadi jika payudara Anda tetap sakit saat menstruasi. Dalam beberapa kasus, nyeri payudara yang mengganggu bisa menjadi pertanda fibroadenoma (benjolan jaringan), kista, infeksi, atau kehamilan. Jika penanganan nyeri payudara sendiri tidak memuaskan hasil, memeriksakan diri ke dokter adalah langkah selanjutnya yang disarankan.

Baca juga: Sehari Tanpa Beha demi Kanker Payudara, Bakal Ngetren Lagi Hari Ini?

(up/up)
News Feed