Senin, 28 Des 2015 08:05 WIB

Hendak Memilih Diaper untuk si Kecil? Yuk Perhatikan Dulu Hal Berikut

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Popok sekali pakai atau diaper bisa menjadi pilihan para orang tua agar pipis si kecil yang masih mengompol tidak tercecer ke mana-mana. Dalam memilih diaper yang pas untuk anak, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan orang tua.

"Pastikan bahan yang terbuat nyaman sehingga tidak mengiritasi kulit, dan pilih bahan yang masih bisa membuat kulit bernapas," tutur dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Seotomo Surabaya dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Senin (28/12/2015).

dr Meta menekankan, sebenarnya tidak harus menggunakan popok sekali pakai. Orang tua juga bisa mencoba menggunakan clodi alias cloth diaper yang ramah lingkungan dan disebutkan dr Meta lebih baik juga untuk kesehatan anak karena lebih sedikit menyebabkan iritasi.

Baca juga: Studi: Memarahi Anak Ketika Mengompol Bisa Memperparah Kebiasaan

Selain itu, cloth diaper tidak terlalu bisa lama menahan kotoran sehingga anak jadi merasa tak nyaman sehingga ia akan segera minta diganti. Kondisi seperti ini, lanjut dr Meta, bisa mempermudah proses toilet training bagi anak.

"Oh ya, pakai popok sekali pakai pun harus tetap sering diganti, jangan sampai karena belum 'tembus' lalu popok sekali pakai baru diganti sehari sekali, misalnya. Setidaknya 4 jam sekali diganti," kata ibu satu anak ini memberi pesan.

Pada dasarnya, dr Meta menekankan urine serta feses merupakan sisa-sisa kotoran sehingga jangan sampai kotoran itu terus menerus berhubungan atau kontak dengan kulit anak terlalu lama. Jika kulit anak tidak cocok dengan popok sekali pakai yang digunakan, bisa timbul gejala berupa iritasi serta merah-merah di daerah yang menggunakan popok sekali pakai.

Untuk mengatasinya, menurut dr Meta justru jangan diberi bedak. Ia lebih menganjurkan untuk menggunakan zinc guna meredakan iritasi.

Baca juga: Idap Alergi Langka, Kulit Bocah Ini Jadi Gatal dan Ruam Tiap Kena Air

(rdn/up)
News Feed