Kamis, 25 Feb 2016 14:30 WIB

Hai Orang Tua, Begini Caranya Mengasah Empati pada Anak

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: Getty Images
Jakarta - Empati merupakan aspek penting bagi kecerdasan emosional. Agar tumbuh kembang anak optimal, orang tua harus mampu mengasah empati pada anak.

Psikolog Roslina Verauli mengatakan empati sejatinya sudah ada sejak anak lahir. Namun jika tidak diasah, empati bisa tidak muncul atau hilang sama sekali.

"Karena itu agar anak tumbuh kembangnya hebat, empati harus diasah oleh orang tua. Caranya dengan menjadi model yang nantinya akan ditiru oleh anak," tutur Vera dalam temu media Bebelac Grow Them Great di Restoran Kembang Goela, Jl Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (25/2/2016).

Vera menuturkan bahwa orang tua adalah idola anak. Sehingga apapun perbuatan orang tua, baik itu perbuatan positif atau negatif, akan ditirukan oleh anak.

Baca juga: Kenali, Ini 6 Ciri Orang dengan Kecerdasan Emosional yang Baik 

"Karena anak meniru orang tua yang memiliki power. Makanya anak tidak akan lebih nurut sama suster atau nanny karena dia tahu, orang tuanya punya power di atas suster dan nanny," tambahnya lagi.

Untuk itu agar empati anak terasah, orang tua harus lebih dulu menunjukkannya dalam keseharian. Misalnya mengelola emosi dengan baik, senang berbagi, bertanggung jawab, suka menolong dan menghargai orang lain.

"Kalau orang tua mengekspresikan emosinya dengan marah atau teriak, anak juga akan seperti itu. Tapi kalau orang tua bisa mengelola emosi dan mengekspresikan marahnya dengan baik, anak juga akan melakukannya di kesehariannya," tutur Vera.

Baca juga: Dianggap Lebih Empati, Wanita Lebih Mudah 'Tertular' Menguap  (mrs/up)