Kamis, 12 Mei 2016 13:48 WIB

Agar Potensi Anak Berkembang Optimal, Ini yang Bisa Dilakukan Orang Tua

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Setiap orang tua tentu menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya, termasuk dalam memaksimalkan potensi anak. Bukan perkara mudah, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh orang tua.

Psikolog Ajeng Raviando, Psi menjelaskan bahwa pada dasarnya kecerdasan anak bukanlah sesuatu yang bersifat tetap, melainkan suatu kumpulan kemampuan atau keterampilan yang dapat ditumbuhkan atau dikembangkan.

"Pada dasarnya kan setiap anak itu cerdas, tinggal bagaimana orang tua, guru dan masyarakat pada umumnya mencari cara untuk mengenali, menghargai serta mengembangkan bakat, minat dan potensi anak secara alami," tutur Ajeng dalam konferensi pers Nutrilon Royal: 'One Step Ahead' yang diadakan di Hotel Pullman, Jakarta, Kamis (12/5/2016.)

Baca juga: Ketika si Kecil Suka Memukul, Ini yang Perlu Ayah dan Ibu Pahami

Lebih lanjut lagi, Ajeng mengatakan bahwa dibutuhkan observasi oleh orang tua kepada anaknya. Memang tidak mudah, ini karena dibutuhkan kejelian, kepekaan dan wawasan dari orang tua.

"Salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua adalah positive parenting. Memberikan kesempatan pada anak untuk berkomunikasi dan orang tua harus mendengarkan," imbuh Ajeng.

Menurutnya, pola asuh seperti ini akan sangat membantu orang tua memahami potensi anak. Anak mendapatkan kesempatan untuk berbicara dan menyampaikan keinginannya, sementara orang tua bisa lebih mudah memahami anak.

"Kalau orang tua dulu kan maunya didengar saja, anak nggak punya kesempatan bicara. Sekarang tidak begitu," terang Ajeng.

Yang tak kalah penting, kenali gaya belajar anak. Ajeng menuturkan, dari gaya belajar seperti visual, auditori dan kinestetik, potensi anak juga bisa lebih dikenali oleh orang tua. Dengan begitu, anak bisa lebih mudah belajar dan mencapai potensinya.

Baca juga: Selain Intelektual, Kecerdasan Ini Juga Penting Agar si Kecil Jadi Anak Hebat (ajg/vit)