Minggu, 18 Sep 2016 16:00 WIB

Psikolog: Keberhasilan Pemberian ASI Eksklusif Perlu Dukungan Suami

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Keberhasilan pemberian air susu ibu (ASI) kepada bayi sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar ibu. Salah satu yang tak kalah penting adalah dukungan dari keluarga dan suami.

Bahkan ucapan sederhana seperti 'pasti bisa berikan ASI' dikatakan oleh psikolog anak Anna Surti Ariani, SPsi, MSi, Psi memberikan dampak yang sangat besar terhadap produksi ASI. Hal ini menurutnya dapat meningkatkan angka keberhasilan pemberian ASI hingga 98 persen.

"Namun angka keberhasilan bisa turun jadi 20 persen jika suami nggak mendukung. Karena produksi ASI itu dukungan dari suami dan istri," tutur Anna, yang merupakan psikolog di Tiga Generasi.

Baca juga: Tips Bagi Ibu Agar Sukses Lakukan Weaning With Love

Selain dengan memberikan ucapan langsung, suami juga bisa membantu meningkatkan peluang keberhasilan pemberian ASI dengan cara lain. Salah satunya dicontohkan oleh Anna adalah dengan mau menggantikan popok atau menggendong bayi.

Dalam Talkshow & Sharing Session Lactamil #MamaPastiBisa di The Sultan Hotel, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu (18/9/2016), Anna menjelaskan suami juga hendaknya selalu mengingatkan istri untuk mengonsumsi makanan bergizi. Hal ini sebab produksi ASI tentu juga dipengaruhi oleh asupan nutrisi ibu.

Menurut Anna, penelitian membuktikan dukungan suami kepada istri sangat berpengaruh terhadap produksi ASI. Selain itu, dukungan keluarga, teman dan tetangga juga sangat dibutuhkan oleh seorang ibu menyusui.

Baca juga: Ketika Ibu Bisa Produksi ASI Tapi Belum Tentu Mencukupi Kebutuhan Asupan Bayi


(ajg/ajg)