Jumat, 09 Mar 2018 07:32 WIB

Bersepeda Tiap Jumat

Jumat Jadi Hari Bersepeda, Sudah Nyamankah Kamu Gowes di Jakarta?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Salah satu jalur sepeda yang ada di Kanal Banjir Timur (Foto: diolah) Salah satu jalur sepeda yang ada di Kanal Banjir Timur (Foto: diolah)
Topik Hangat Jumat Hari Bersepeda
Jakarta - Dalam pertemuan dengan komunitas pesepeda baru-baru ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno melempar wacana menjadikan Jumat sebagai hari bersepeda. Untuk mewujudkan ide yang menyehatkan ini, ada banyak banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan.

Salah satunya adalah fasilitas untuk bersih-bersih. Bagaimanapun, setelah bersepeda tubuh akan berkeringat. Tentu nggak nyaman kalau langsung beraktivitas tanpa mandi dan ganti baju terlebih dahulu.

Sementara, tidak semua gedung perkantoran 'ramah' bagi pesepeda. Mungkin hanya sebagian saja yang menyediakan kamar mandi atau bahkan sekadar ruang ganti. Ini disadari oleh Sandiaga dengan menjanjikan dukungan berupa shower keliling.

"Di sini nanti dukungan Pemprov adalah mobil-mobil toilet keliling itu yang dilengkapi oleh shower bisa hadir di beberapa titik. Sehingga kita bisa mendorong lebih banyak lagi masyarakat untuk bersepeda di DKI," kata Sandi, dikutip dari detiknews.


Ada jalur sepeda pun tak selalu menjamin bisa gowes dengan nyaman.Ada jalur sepeda pun tak selalu menjamin bisa gowes dengan nyaman dan aman. Foto: Hasan Alhabshy


Pekerjaan rumah lainnya adalah menambah jalur khusus sepeda. Menurut data Dinas Perhubungan DKI, seperti dikutip dari detiknews, saat ini hanya ada 4 jalur khusus sepeda yang tersedia dengan total panjang 26 km. Ini menjadi salah satu keluhan utama para pesepeda di Jakarta.

"Kalau belum bisa ditambah (jalur sepeda), yang penting jalur yang ada aman dan nyaman," ungkap Lutfih, pesepeda dari komunitas Rocketers.

Komunitas Bike To Work gowes bersama di jalur khusus sepeda Kanal Banjir Timur (KBT) JakartaKomunitas Bike To Work gowes bersama di jalur khusus sepeda Kanal Banjir Timur (KBT) Jakarta Foto: Agung Pambudhy


Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI, Sigit Wijatmoko kepada detikHealth menyebut jalur khusus sepeda termasuk dalam rencana pengembangan tahun ini. Ke depan, diharapkan kebutuhan jalur khusus para pesepeda akan semakin terpenuhi.

"Dalam tahun 2018 ini, Dishub akan menyelesaikan RITJ (Rencana Induk Transportasi Jakarta) yang merupakan pedoman dalam mengembangkan sistem transportasi yang ada, termasuk pengembangan jalur sepeda," tuturnya.

Menurutmu, sudah nyamankah bersepeda di jalanan ibukota? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar!

(up/up)
Topik Hangat Jumat Hari Bersepeda
News Feed